Tonytaufik Punya Kreasi

Motor Induksi Sebagai Generator

.

Pada setiap rumah terdapat motor-motor yang dapat dioperasikan sebagai generator (pembangkit listrik). Mereka tidak akan diberi label sebagai generator, tetapi mereka akan berfungsi demikian. Motor-motor ini sering disebut “motor sangkar tupai”, ada di dalam mesin cuci, alat pengering, pompa air dan peranti-peranti lain yang terlalu banyak untuk disebutkan.

Tipikal Motor elektrik sangkar tupai
Disamping banyak dan murah, mereka akan menghasilkan tegangan arus bolak-balik dari sinewave yang paling murni. Mereka tidak menggunakan sikat-sikat dan tidak menghasilkan RFI (Radio Frequency Interference= gangguan frequensi radio). Suatu motor yang dikonversi menjadi satu generator induksi akan menghidupkan lampuneon dan incandesant lampu pijar, televisi, vcr’s, stereo set, bor listrik, gergaji listrik kecil dan lain-lain.

Apakah yang menarik tentang itu? Tidak ada yang rumit mengenai konversi ini, tanpa pengkabelan yang aneh, tidak ada matematika yang ruwet, tidak ada sikat-sikat yang aus.

Mereka tidak bisa dibebani berlebihan; jika terlalu banyak beban, generator itu hanya berhenti berputar. Memindahkan/mengurangi beban itu biasanya menyebabkan generator itu berputar kembali. Mempercepat putaran motor akan membantu jika itu tidak segera menghasilkan listrik.

Apa yang menjadi permasalahan? Tidak ada ketentuan berapa besarnya tegangan, tetapi dengan menguji setiap parameter tegangan yang ingin anda tetapkan. Saya rasa antara 105 dan 126 volt adalah layak.

Suatu motor yang dikonversi menjadi generator induksi tidak akan bisa menjalankan motor sangkar tupai yang lain kecuali jika motor itu 1/10 dayakuda dari generator induksinya. Dengan kata lain, 1 motor dayakuda digunakan sebagai generator induksi akan menjalankan 1/10 dayakuda atau lebih kecil, motor sangkar tupai. Tidak baik menggunakan satu generator induksi untuk memutar motor. Penambahan Induktansi dari motor itu akan menghilangkan kemampuan reaktansi dari kapasitor dan menyebabkan pembangkit itu berhenti menghasilkan listrik.

Pembangkit tidak jalan jika terbebani. Bukan masalah! Jangan dahulu menghubungkan suatu beban ke pembangkit sampai  mencapai kecepatan normalnya.

Sejauh ini,itulah semua permasalahan yang saya sudah temukan dan pertimbangkan; menganggap itu sebagai pelajaran.

Bagaimana mengkonversinya?

Dengan menambahkan kapasitor-kapasitor secara paralel dengan kabel utama motor (kabel yang ke PLN), dan memutarnya sedikit diatas RPM yang tertera (1725 RPM perlu diputar kira-kira menjadi 1875 RPM, dan 3450 RPM menjadi 3700 RPM), motor itu akan menghasilkan tegangan arus bolak-balik! Kapasitansi membantu mempengaruhi arah arus-arus ke dalam konduktor-konduktor rotor dan menyebabkannya menghasilkan arus AC. Daya itu berasal dari kabel utama motor, atau kaki kapasitor, karena mereka semuanya paralel.

Sistim ini tergantung pada sisa magnetisme didalam rotor sebagai pembangkit awal. Hampir semua motor yang sudah dicoba mulai membangkitkan listrik dengan sendirinya dengan kapasitor yang sesuai. Jika tidak, cobalah melampaui batas kecepatan motor. Biasanya berhasil. Bagaimanapun, itu sangat jarang terjadi.

Jika suatu motor tidak berpembangkit awal di usaha pertama, terapkan 120vAC atau bahkan 12vDC atau lebih kepada motor untuk beberapa detik. Biasanya berhasil untuk membuat rotor bermagnit dan pembangkit akan bekerja dengan sendirinya sejak waktu itu. Adalah penting untuk tidak menghentikan pembangkit ketika suatu beban sedang tersambung. Hal ini menyebabkan rotor kehilangan magnetismenya dan tidak dapat menghasilkan tenaga sendiri. Yaitu, motor itu akan berputar, tetapi tidak akan menghasilkan tegangan. Ini bukanlah masalah yang serius, karena rotor itu dapat dibuat bermagnet kembali dengan mengikuti petunjuk pada alinea diatas.

Saya hanya menemukan satu motor yang tidak menghasilkan daya dengan konsisten (dari selusin atau kira-kira segitu, yang sudah dicoba selama bertahun-tahun) dan itu adalah motor dengan sekelompok kawat keluar; mungkin motor AC yang multi-speed.
Saya mempunyai relay 120 vAC di dalam rangkaian yang ditambah satu 200uf kapasitor sementara dengan 160uf kapasitor pendorong yang asli (terhubung ketika relay tidak bekerja) untuk mendapatkan daya. Ketika 120v dihasilkan,relay terbuka dan 200uf terputus dari rangkaian. Itu bekerja, tetapi tidak dapat diandalkan. Saya tidak lanjutkan dengan cara seperti itu.

Kapasitor-kapasitor yang digunakan harus tipe “running/menjalankan” dan bukan “starting/penganjakan”. Starting Capasitor digunakan untuk suatu waktu yang sangat pendek, biasanya kurang dari satu atau dua detik, dan akan hancur bila dihubungkan ke AC terus menerus.  Running Capasitor dirancang untuk dihubungkan selagi motor itu adalah bertenaga.

CATATAN: Pastikan capasitor tertulis, “TANPA PCB’S”. PCB tidak digunakan lagi untuk konstruksi kapasitor karena mempunyai komposisi kimia yang berbahaya. Jika capasitor itu sudah lama, dan anda tidak yakin,jangan dipakai. Bertindak aman!

Perlu mengadakan percobaan untuk menemukan nilai terbaik dari kapasitansi untuk bekerja. Mulailah dengan sekitar 150 sampai 200 uf untuk motor-motor 1 dayakuda dan di bawah. Lebih banyak kapasitansi sama sebangun dengan keluaran tegangan. Nilai akhir harus bisa menghasilkan sekitar 125VAC ketika itu yang akan menaruh ke luar 60 hertz tanpa beban. Lalu sambung bola lampu 100 watt sampai tegangan itu anjlok pada batas terbawah yang anda tetapkan. Punya saya sampai sekitar 1050 watt sebelum turun ke 105 VAC.

Pada contoh yang berikut, aku menggunakan 1HP motor pompa air Sears yang aku beli di loakan seharga $1000. Motor ini mampu beroperasi dari 115 atau 230 volt masing-masing pada 13 atau 7 ampere.

Motor pompa air

Motor: A. O. Smith 1 Horsepower : 115 / 230 VAC : 13 / 7 AMPS : 3450 RPM
Motor: A. O.Tukang besi 1 Horsepower :115 / 230 VAC :13 / 7 AMPS :3450 RPM

Kapasitor: 200uf 330vac. Ini dibuat dengan mensejajarkan 4 kapasitor yang adalah 65uf, 35uf, 50uf dan 50uf. Semuanya senilai 330vac atau lebih. Semua hasil percobaan adalah dari penetapan kapasitor ini (CATATAN: Versi akhir dari pembangkit ini punya kapasitansi 225uf.)

Kemampuan Keluaran: Generator induksi Ini mempunyai tegangan tanpa beban di 125.9 VAC pada 60 hz. Pembangkit dengan sukses menyalakan 1050 watt lampu pijar dengan tegangan anjlok 10.9 VAC ke tegangan beban penuh 105 vac. Selama pengujian daya, pembangkit itu digerakan oleh motor listrik 1.5 dayakuda dan kehilangan RPM ketika beban ditingkatkan. Aku melambangkan sebagian dari anjloknya tegangan ini dengan sebutan ketiadaan daya gerak.

Bekas motor, sekarang sebagai generator induksi digerakan oleh mesin 3.75HP B&s lawnmower. Dengan total 950 watt lampu selama sekitar 15 menit pembangkit hanya menjadi hangat. Tegangan dari 126 volt menjadi 110 volt AC dengan beban ini.

Perhatikan susunan kapasitor. Di sini aku sedang berusaha melakukan satu usulan dalam artikel lama, yang menyatakan bahwa ada kemungkinan untuk menggunakan elektrolitik DC yang dihubungkan secara urut, + kepada +, dan – kepada -dalam satu rangkaian AC. Aku mempunyai 4 kapasitor senilai 850 uf, 400 VDC secara urut, menjadi total 225 uf @ 1600vdc.
Hubungannya seperti ini:

ARUS AC ke kawat motor 0—-+||——+||——||+——||+—-0 ARUS AC ke kawat motor

Akankah bekerja? Sepertinya bekerja dengan baik, tanpa adanya tanda pemanasan sama sekali.
Baru! Baru! Aku menggunakan pembangkit ini untuk 12 jam terus menerus di hari latihan militer NC8V dalam suhu sangat panas dan kondisi-kondisi kurang baik di akhir pekan dari Juni 26, 1999. Kapasitor itu Tidak GAGAL ATAU tidak BERUBAH sama sekali. Maka aku dapat merekomendasikan penggunaan dari kapasitor-kapasitor DC sebagai suatu pilihan yang sehat. Tentu saja pengingkaran-pengingkaran standar tetap diterapkan!

Lebih lanjut di http://www.qsl.net/ns8o/Induction_Generator.html

.

Links:

http://www.qsl.net/ns8o/Induction_Generator.html

http://www.windstuffnow.com/main/gm_alt_mod.htm

http://users.aber.ac.uk/iri/WIND/TECH/MISC/MotorsAsGenerators.html

http://www.redrok.com/cimtext.pdf

.

Tentang generator magnet permanen silakan unduh disini.

13 Comments »

  1. Bos bisa fotokn rangkaian gambar kapasitorny.maaf bos merepotkan soalny baru belajar.atau mta pin bb ny

    Comment by zulhairi — 28/01/2016 @ 13:55

  2. saya udh coba pakai generator mesin cuci tapi kenapa gak ad aliran listriknya? pdhal udh diputar berlawanan arah jarum jam.makasih utk berbagi infonya.

    @
    Capasitor sesuai artikel? Dicharge gennya?
    Yang paling penting adalah apakah sudah dibaca hingga dapat dipahami?

    Comment by sony — 26/01/2016 @ 08:31

  3. bos saya udh coba pakai generator mesin cuci tapi knpa gak ada aliran listrikny? pdahal udh dputar berlawanan jrum jam.apakah msh perlu komponen lain?

    Comment by sony — 26/01/2016 @ 08:21

  4. saya sudah membuat nya dari kipas angin gantung…berhasil…kalo dipegang terasa kesetrum….tp setelah saya kasih regulator(dioda brigde&elco,resistor)….kok kalo dihubungkan ke lampu hidupnya cuma sedetik….(kayaknya hidup pas listrik ngisi elco)
    .
    setelah itu mati lagi….
    gimana solusinya…trimakasih

    @
    baca lagi dg teliti apa yg harus disediakan agar bisa menjadi generator. medan magnit!

    Comment by adi nurul — 15/09/2015 @ 21:24

  5. Kalo motor listrik di gabung ama generator bisa bikin kendaraan tenaga listrik tanpa bbm.. Bener gak.. Hee

    Comment by Knek — 07/08/2015 @ 22:58

  6. ass. Gan saya sangat terkesan denag tulisan agan tentang motor AC bisa menjadi generator AC ( motor mesin pompa ), bagaimana dengan motor AC mesin cuci bisa enggak dipakai sebagai generator AC dan bangai mana skema rangkain capasitornya?

    @
    kmgkn sama sj. yg hrs diperhatikan adlh sang penemu menggunakan motor bensin u menggerakkan, apkh efisien/irit biaya?

    Comment by Budhi Harianto — 31/03/2015 @ 13:58

  7. klw mao mengubah motor mesin cuci menjadi generator bisa gak maass ..
    gmn cara nya ??

    Comment by hendra syafliadi — 04/03/2014 @ 14:02

  8. pak, saya mau tanya, saya melakukan pengujian motor induksi sebagai generator dengan motor induksi 0.55Kw/ 0,75 HP, menurut perhitungan yang saya ketahui seharusnya seharusnya saya menggunakan kapasitor sebesar 8.9 μF untuk menghasilkan tegangan 220Volt, namun yang saya temui saat pengujian pada kondisi 4μF tegangan tersebut sudah mencapai angka di atas 400V-500V pada kondisi berbeban dan pada kondisi kapasitansi 8μF-10μF nilai tegangan hanya turun mencapai angka 300an volt
    saya bingung dengan nilai yang aneh ini
    mohon penjelasannya

    Maaf, bukan bidang saya.

    Comment by rara — 19/02/2014 @ 06:04

  9. Pak saya mohn tanya, apakah generator 3000 watt bisa diputar dengan motor listrik yang 1200 watt dan RPM 2800 dan bisa menghasilkan listrik, mohon pencerahan, karena ada video di you tube yang mempresentasikan genset 4000 watt diputar dengan motor listrik 1200 dengan bisa menghidupkan menghidupkan mesin genset itu sendiri dan motor listriknya, serta bisa memutar bor listrik.

    Pakai multiplikasi putaran.

    Comment by andro riono — 26/02/2013 @ 12:56

  10. Sy ingin bertanya motor roda 2 saya pengisi batrenya kecil ?sy ukur hnya 4,5 vol sedangkan sy mau dibesarkan sampai 13vol apa yg harus sy ganti? Magnet4, koil sebaris 1pash

    Sepeda motor atau sepeda elektrik? Motor sekarang sdh menggunakan dinamo amper 12vdc, jd outputnya max 14vdc. Tdk bs sembarang ganti, hrs aslinya (sesuai dg dudukan d mesinnya) Kl spd elktrk sy tdk th.

    Comment by Rusmanto — 23/05/2012 @ 19:37

  11. mohon penjelasanya pak., gimana cara mengisi muatan pada kapasitornya ?

    Sepengetahuan saya yg di’cas’ bukan capasitornya tapi rotornya agar dpt menimbukan mdnmgnt.

    Comment by mariyanto — 04/03/2012 @ 21:46

  12. pak taufik,,sungguh saya amat sangat terkesan dengan ulasan bapak yang satu ini,.saya pribadi sangat tertarik untuk menerapkannya.
    Dirumah saya ada mesin pompa air,bagaimana cara memodifikasi agar menjadi generator,bagaimana cara merakit kapasitor itu,lalu alat/perengkat apa yang dapat digunakan untuk menggerekan generator induksi ini dan seberapa cepat putaran yang di perlukan
    Mohon penjelasannya karena saya kurang memahami bahasa dalam link yang bapak cantumkan..terimakasih

    Halaman ini merupakan terjemahan dr aslinya. Kalau yg terjemahannya sj tdk dpt dipahami, apalagi yang aslinya.

    Comment by mazren — 13/11/2011 @ 14:39

  13. saya punya motor pompa air bekas 125 w 220 v rpm 2850 capasitor 8uf 450 vac mau kita ubah jadi generator pakai tambahan instrumen apalagi dan bagaimana instalnya……?

    Mohon maaf blm prnh. Cb sj ikuti petunjuk diatas.

    Comment by haryono — 28/09/2011 @ 22:34


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: