Tonytaufik Punya Kreasi

Membuat WordPress Tanpa Koneksi

.

Halaman ini menerangkan cara sederhana belajar sendiri membuat blog tanpa koneksi internet. Sebagaimana saya (dan banyak yang lainnya) yang malas membaca tutorial pembuatan blog -menyebabkan pulsa prabayar StarOne saya menjadi besar- jangan sampai terjadi kepada anda.  Dengan demikian anda akan menghemat waktu dan biaya sebelum benar-benar membuat blog online.

Software ini baru saya dapatkan dari teman sekitar 3 minggu yang lalu. Saya sudah mencobanya (tanpa petunjuk detil) dan berhasil. Karena saya bukan ahli IT maka mohon tidak mengajukan pertanyaan yang bersifat teknis.

Saya pikir, software ini juga berguna untuk mempresentasikan webpage anda atau pesanan orang, sehingga bila memerlukan perubahan-perubahan dapat dilakukan dengan mudah dan -tentu saja- hemat biaya.

Software yang diperlukan adalah:

XAMPP Lite dapat diperoleh gratis  disini atau  disini.

Dipilih yang Lite karena ukuran filenya hanya 18 Mb (tidak terlalu memakan pulsa) dan mudah dipindah-pindah ke direktori mana saja. Bila linknya sulit carilah dengan kata xampp lite free download.

– WordPress 2.8 dapat diperoleh disini

-Browser Firefox.

Semua instalasi server maupun pekerjaan blogging dilakukan melalui browser ini. Sama seperti MSWord untuk melakukan pekerjaan dokumen atau webpage html.

Langsung kita mulai:

1. Unzip filenya, dan tentukan dimana direktorinya (bebas, misalnya C: atau  D: atau  E:). Atau bila ingin disimpan di flashdisk maka copy filenya yang sudah di extrak. Bila langsung unzip ke flashdisk akan memakan waktu amat sangat lama. Untuk lebih detilnya lihat dokumentasi.

2. Klik setup_xampp. Maka akan tampil jendela command prompt/dos. Tekan sembarang tombol keyboard untuk keluar.

Bila di flashdisk maka tidak perlu mengkliknya, tapi langsung saja klik xampp_control.

3. Klik xampp_control. Maka akan tampil jendela control panel di bawah kiri layar. Adalah lebih praktis bila dibuatkan shortcut di desktop.

4. Klik Apache, maka akan muncul firewall. Klik unblock. Demikian pula ketika mengklik MySql, klik unblock firewallnya juga. Pada saat ini anda sudah mempunyai koneksi ke server offline. Boleh saja jendelanya ditutup/close, karena tetap berjalan.

5. Buka Control Panel>Internet options> Connections. Pilih Never dial a connection>ok. Hal ini dilakukan bila anda mempunyai dial up.

6. Buka browser Firefox (IE tidak mendukung). Ketik di address: localhost lalu enter.

7. Maka akan muncul jendela diatas. Pilih bahasa yang anda mengerti. Dalam hal ini English.

8. Ketika jendela ini muncul, klik Security.

9. Klik http://localhost/security/xamppsecurity.php untuk menyetting password.

10. User sudah tetap, tinggal masukkan password yang anda inginkan. Dalam hal ini misalnya qwerty, lalu klik Password changing.

11. Anda telah berhasil menyetting password. Restart/refresh XAMPP. Atau exit dulu dari browser lalu start kembali dengan tetap mengetik localhost di address bar. Atau cukup menutup tabnya.

12. Maka kini anda sudah dapat mengakses ISP anda. Sekarang pada Tools klik phpMyAdmin.

13. Anda diminta mengisi password saja (yang tadi telah anda set), karena username tetap.

14. Pada Create new database isi wp (karena menggunakan wordpress). Pada Collation pilih utf8_general_ci. Lalu klik Create.

15. Maka database wordpress sudah tercipta. Keluar/exit browser kembali (atau close tabnya).

16. Buka XAMPP folder, dalam hal ini adanya di C:/. Klik htdocs. Pilih semua file lalu hapus/delete.

17. Cari fie WP yang sudah anda download, extrak. Buka foldernya, pilih semua lalu klik copy.

18. Kembali ke folder htdocs, salin/paste file2 yang telah dikopi tadi disini.

 

19. Ketik kembali localhost di address bar firefox. Maka akan muncul jendela seperti diatas. Klik Create.

20. Selanjutnya tinggal klik2 saja. Tapi pada jendela kanan, isi database: wp, user: root, psswrd: qwerty (diisi sesuai setting sewaktu membuat xampp), lalu klik Submit.

21. Klik Install. Pada jendela berikut, isilah sesuai kehendak anda lalu klik Install WordPress.

22. Sebelum klik Log In, adalah baik bila mengcopy passwordnya. Pada waktu log in user: admin, psswrdnya yang tadi anda copy.

23. WordPress sudah jadi. Silakan berexperimen sendiri.


Bila ingin mengupgrade WP atau database.


Bila Upgrade WP.

Hapus semua files di htdocs, ganti dg yang baru.

Masuk ke localhost/phpmyadmin/

Klik WP yang ada, klik Check All, klik dropdown menu pilih Empty.

Klik Yes.

Masuk lagi ke localhost.

Ulangi langkah instalasi.

.

8.5.wpwlcm

2 Comments »

  1. Ass….Pak Thony….Alhamdulillah saya sudah sampai di rumah (di Jakarta) tadi sore (Habis Silaturrahmi Ke Rumah Pak Thony sambil bikin Pak Thony Pusing lagi mikirin Mesin Penetas Telur yang mau di MODIF jadi Full Autoomatics.

    Pak saya bener2 GAPTEK masalah bikin Bloging ini….Berkali2 di coaba TETEP AJE…..OTAK ane gak mampu Pak…..Zzzzzzzzz…..DASAR GAPTEK.

    Insya Allah Minggu depan Ane bawa LAPTOP sama Pesenan Pak Thony ya……..Trims Berat Loh Pak……Udah bantuin saya semuanya…..Mudah-Mudahan mulai tadi pagi hingga Selamanya dijadikan Amal Ibadah oleh Allah SWT untuk Keluarga Pak Thony & Khususnya Pribadi Pak Thony selama saya merintis Usaha Peternakan ini hingga Akhir Hayat saya menjalanknya……Amiin

    Namanya hal baru pst msh sulit u/ mencerna. Rahasianya adlh baca, baca, dan baca. Lalu praktek, praktek, dan praktek. Satu hal yg hrs mnjd pgngn: jangan prnh menyerah sblm brhsl! Jk org lain bs knp sy tdk?

    Comment by anwar7399 — 30/09/2012 @ 19:57

  2. kalo ngeposting offline bisa ga mas??

    Offline itu artinya tdk terhubung ke internet? Bisa! Browser pc anda sendirilah yg menjadi servernya.
    Kl mksdny offline tp terkonek ke wordpress apakah masih disebut offline?

    Comment by abdurrahimi — 18/05/2012 @ 20:55


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Blog at WordPress.com.