Tonytaufik Punya Kreasi

Membuat Pompa Air Sederhana

Diaphragm type

diaphragma1 diaphragma2

Bahan utama pompa ini terbuat dari kayu dan karet, ditambah pengikat dari metal, ring, dan bantalan pada dua titik yang mudah aus. Ia terdiri dari ruang pemompaan yaitu kotak kayu yang kedap air yang dilapisi dengan dua katup karet. Diaphragm terbuat dari karet ban-dalam membentuk bagian atas ruang pemompaan yang lebih rendah. Sebuah engkol vertikal terikat ditengah diaphragm. Menggerakkan engkol pompa akan menambah atau mengurangi volume di kamar pemompaan karena dipengaruhi oleh kedua katup.

Dua atau tiga liter dari air dapat dipompa secara vertikal sejauh tiga sampai empat meter pada setiap kayuhan. Jika pompa itu dibuat lebih kecil, ia akan memompa sejumlah kecil air dengan jarak yang lebih jauh. Jika ia dibuat lebih besar, ia akan memompa sejumlah besar air dengan jarak yang lebih dekat.

Pompa ini dapat dioperasikan oleh satu atau dua orang, dan dapat disesuaikan dengan tenaga binatang atau angin. Perpipaan dengan bambu atau perpipaan dengan bahan yang murah dapat digunakan untuk mengalirkan air secara ekonomis untuk jarak-jarak yang pantas dipertimbangkan. Dua atau lebih pompa dapat disatukan berdampingan untuk mengangkat lebih banyak air per kayuhan, atau ditempatkan dari ujung ke ujung untuk menggerakkan air lebih jauh.

Pitcher type:

pitcher1 pitcher21

Pompa ini mampu mengangkat antara 8-10 galon/menit untuk 10-15 kaki pengisapan. Pengangkatan maksimum adalah sekitar 20 kaki. Beberapa pengelasan mungkin diperlukan, seperti juga penguliran pipa, tetapi proses konstruksi alternatif bisa disesuaikan dengan sumber daya dan ketrampilan yang tersedia.

Spangler type:

spangler1 spangler2 spangler3

Pompa ini sederhana, dapat diandalkan dan berbiaya rendah. Suatu pompa yang serupa pada gambar diatas sudah dikembangkan di Thailand dengan ongkos sekitar US$30 (Rp 300rb). Dapat mengaliri sekitar 5-15 galon/menit tergantung pada kedalaman air. Pompa ini dapat digunakan untuk irigasi dan juga untuk tujuan yang umum.

Pipa PVC ringan, tahan lama, mudah dikerjakan, dan relatif murah. Pompa dari PVC ini jauh lebih mudah dalam pembuatan, pemasangan, pemeliharaan, dan perbaikan dibanding pompa dari besi cor. Pompa PVC terutama cocok untuk penyediaan air masyarakat dan sebagai dasar untuk pabrik pembuatan skala kecil. Suku-cadang relatif mudah dan dapat dibuat oleh toko-toko atau pabrik-pabrik kecil dengan desain yang telah ditentukan.

Inertia type:

inertia1 inertia2

Dengan hanya tiga bagian yang bergerak, pompa ini mudah dibuat dan dirawat. Rancangan pompa ini unik: seluruh pompa bergerak naik dan turun, bukan bagian dalam yang bergerak. Pompa ini dapat dibuat dari pelat logam, seperti yang digambarkan di sini, atau dari pipa PVC atau bambu, meski bambu itu mungkin tidak tahan lama.

Pompa ini efisien untuk mengangkat air dari jarak pendek, sampai ke maksimum sekitar 4 meter. Kapasitas pompa tergantung pada ukurannya dan seberapa cepat pompa itu dinaik-turunkan. Versi 8-cm akan mengangkat 75-114 liter/menit untuk jarak 4 meter. Versi 15-cm akan mengangkat 227-284 liter /menit untuk jarak 1 meter.

Archimedes type:

archimides-screw1 archimides-screw2

Ada banyak situasi di mana air untuk irigasi perlu untuk diangkat hanya pada jarak yang sangat pendek dari sungai atau saluran irigasi ke ladang-ladang. Untuk memenuhi hal ini, petani-petani di zaman lampau mengadaptasi suatu alat yang telah ditemukan oleh Archimedes. Alat itu adalah Archimedes srew, pompa berbentuk sekerup yang diatur di sekitar pusat poros engkol. Sekrup itu dapat dibuat dengan berbagai cara, dari tabung yang membungkus berkelanjutan di sekitar batang itu hingga kepada suatu rangkaian papan atau plat-plat yang berpilin saling silang di dalam suatu silinder. Tergantung pada desain, pompa ini dapat digunakan untuk  tujuan-tujuan yang berbeda seperti pengangkatan air atau memuat biji-bijian.

sekrup Archimedes disini adalah suatu alat pengangkatan air. Terdiri dari suatu silinder terbuat dari kayu membungkus di sekeliling papan yang tersusun spiral dan saling overlap. Batang pusat terbuat dari pipa besi atau batang metal. Sekrup itu diputar dengan tangan, atau dapat dihubungkan dengan kincir angin. Pompa ini mampu mengangkat kira-kira 100 galon air/menit setinggi 18-20 inci. Pompa ini dapat dipindahkan dengan mudah dari satu ke tempat lain jika dibutuhkan. Pompa jenis ini masih digunakan sehari-hari oleh petani-petani Mesir sepanjang sungai Nil.

Animal driven type:

animal-driven animal-driven2

Pompa ini adalah yang paling rumit dan mahal dari yang tercakup di manual ini. Tetapi mempunyai potensi hasil akhir yang terbesar. Ongkos pembuatan pompa bergantung pada ketersediaan bahan-bahan yang tak terpakai dan dapat dikurangi biayanya dengan menggantikan bahan yang lebih murah dan sesuai yang tersedia di tempat itu misalnya dari kayu gergajian/rongsokan. Jika kayu gergajian/rongsokan tidak tersedia, batang kayu gelondongan dapat digunakan. Lengan torsi juga dapat dibuat dari galah bulat atau besi siku, tergantung pada bahan yang tersedia. Jika pompa itu ingin dipindahkan dari satu ke sumur yang lain garis tengah batang kayu itu harus dijaga antara 75-125 cm. Rangka dan pompa dapat dibawa tanpa banyak kesukaran. Atau, kumpulan pompa dapat ditarik oleh satu binatang dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Rampump 1:

hydraulic-pump-0 hydraulic-pump-2 hydraulic-pump-1 hydraulic-pump-4 hydraulic-pump-5 hydraulic-pump-6

Pompa ram ini terbuat dari sambungan pipa yang banyak dijual dan dua klep yang dimodifikasi, memerlukan hanya mesin bor dan perkakas tangan sederhana untuk membuatnya. Ia sudah diuji pada drive head dari 5-40 dan mampu mengalir hingga 70-head, atau 20 kali drive head. Ia mampu mengirim beberapa ribu liter per hari. Pompa ini secara luas telah diuji dan telah digunakan dengan sukses pada beberapa kondisi ladang.

Pompa ini dapat mengisi sejumlah persediaan air yang diperlukan di situasi-situasi di mana air harus diangkat dari suatu mata air pada suatu tingkat yang lebih rendah ke suatu tingkat yang lebih tinggi. Yang dibutuhkan untuk membuat rampump ini bekerja adalah cukupnya kejatuhan air yang cukup cepat untuk mengalirkan air melalui pipa. Dan jika kejatuhan air tidak terjadi secara alami -dan ini sering menjadi kasus, kejatuhan itu dapat diciptakan dengan mengaliri air pada pipa yang cenderung kebawah/menurun sehingga momentumnya diciptakan semata-mata di dalam pipa.

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Pedal water pump

pedal-waterpump1

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Hand-Operated Water Pump (Archimedes’ Screw)

informitcom1

Bagaimana air dapat naik? Bukankah itu bertentangan dengan hukum alam?

Bahan:

50 cm Pipa PVC

1m Selang air kecil transparan

selotip

2 buah mangkuk

air

cat air atau pewarna makanan

Lingkarkan selang sekeliling pipa (lih gambar), lekatkan dg selotip. Isi mangkuk2 dg air lalu letakkan salah satu ujung pipa didalam mangkuk ke 1. Pipa harus tetap miring keatas. Ujung pipa yg lain letakkan diatas mangkuk ke 2 yg diletakkan lebih tinggi dari mangkuk ke 1. Putarlah pipa dg tangan berlawanan arah jarum jam. Akan lebih mudah melihat apa yg terjadi bila menambahkan sedikit pewarna di air.

http://www.informit.com/articles/article.aspx?p=413663

Another Archimedes Screw:

geocitiescom-1 geocitiescom-2 geocitiescom-3 geocitiescom-4 geocitiescom

This is an archimedean screw water pump made out of thin plywood and resourcinol form aldehyde glue. It is made like a christmas decoration, the center is made of a wooden space frame covered with plywood. The stress is concentrated at the top in the middle, so this bit has to be made stronger than the rest. This shows how to glue two plywood disks together; more disks, longer pump. After glueing the disks together they should be held in a jig while the center is inserted and the outer cover formed.

Although the disks are glued together flat, they have to be stretched in order to form the archimedean screw. They have to be held in this form while the pump is completed.

The pump is turned by means of a solid post along the middle; this must be a good fit in the centre space frame to prevent stress concentration. My pump used metal end fittings and plumber block bearings.

http://www.geocities.com/davidvwilliamson/index.htm

http://www.cs.drexel.edu/~crorres/screw/screw.pdf

Spiral Waterpump:

spiralpump-earthgarden1

This positive displacement pump is made from a single length of coiled poly pipe and is designed to be powered by water. The pipe is coiled in a vertical plane and mounted on a horizontal axle. As the paddles rotate the coil of poly pipe above the water, the lower part is immersed. The open end of the coil takes a small ‘gulp’ of water every time it rotates. An alternating sequence of air and water is driven along the pipe towards the centre of the spiral. Successive coils of pipe lead to a cumulative increase in the pump’s pressure output. When a land-fixed pipe is connected to the last and smallest coil, then water can be shifted to a higher point, such as a dam or a tank. In this case, Jill’s tank is about 16 metres above the river.

This spiral pump was a direct replacement of a small standard piston pump and has proved to be just as efficient at pumping a set volume per day.

http://www.earthgarden.com.au/waterwheel.html

Hand pump:

therarmorg

 http://www.thefarm.org/charities/articles.aspx?p=413663&seqNum=4

Hand Pump 2

pump-johntom

http://www.john-tom.com/MyPlans/Steam%20Engines/Oct08update/SteamPump/ModelWater-SteamPump.pdf

Hand Pump 3 ( Rope Pump)

ropepump ropepump1

http://www.gaia-movement.org/files/Manual%20Rope%20Pump%20May%202004.pdf

Hand Pump dari PVC.

vacuumpump drw vacuumpump VacuumAndPump

http://sci-toys.com/scitoys/scitoys/aero/vacuum/index.html

.

(3/1/11) Adakah yang berpikir menggunakan mesin pompa air listrik yg sudah rusak koil2nya lalu disambung v-belt ke roda sepeda agar dapat menyedot air?? Pikirkanlah. . . .

.

Kesulitan mencari referensi? Silakan cari dan unduh disini.

.

24 Comments »

  1. Salam hangat pk, sy punya sawah yg susah diairi dari irigasi yg ada d’desaku krn letaknya tinggi, sementara disamping sawah sy jaraknya sekitar 1m ada saluran air pembuangan yg trus mengalir tapi sedikit lebih rendah dari sawah sy, nah gimana tu pk cara paling sederhana dan efisien utk masalah sy ini? Mohooonnn solusinya ya pk? Plus gambarnya!! Makasih banyak sebelumnya pk, semoga tambah sukses!!!

    Bukankah ada beberapa pilihan pompa?

    Comment by Moeis — 26/01/2014 @ 23:21

  2. salam kenal,
    saya butuh pertolongan untuk mengubah mesin vacum saya yg bertenaga 3/4 hp, 150 micron, supaya bisa menghisap lebih kuat, saya pernah dengar dengan sistim tabung di isi air sehingga daya hisapny lebh kuat, tp saya tidak mengerti,,,bisa tolong saya lewat email

    Comment by rini — 29/11/2013 @ 18:07

  3. kalau ada yang membutuhkan sistem supply air sederhana, bisa tulis email ke agsalim.id@gmail.com

    Comment by agus salim — 28/11/2013 @ 13:39

  4. saya pengen membuat pompa sederhana yang bisa saya gabungkan dengan gear sepeda ontel hitung2 olahraga
    mohon diberi rancangan/cara untuk merealisasikannya?
    trims

    Comment by zainul abidin — 17/10/2013 @ 20:49

  5. saya pernah buat percobaan HIDRAM pake Wavin ukuran 1″. dengan input air turun -/+ 80cm bisa naik 3 M tapi outputnya pake selang 5/8

    Comment by pluto — 27/09/2013 @ 20:25

  6. Salam kenal pa . . dikampungku da sumber air bwh tnh kira” kedlman 15mtr dan sungai dgn kdlman 3mtr hny jrk dgn sawah kira” 50mtr’an tlg rekomendasikan dr ke 2 smber air trsbut sy pke sistem yg mn yg lbih efektif tentu dgn biaya produksi yg lbih ringan. . .trmksih

    Comment by Parlu — 12/08/2013 @ 08:33

  7. Izin nyimak… ^_^

    Comment by cloud s syarife — 21/05/2013 @ 14:47

  8. untuk sistem irigasi sederhana mungkin bisa di aplikasikan untuk “rope pump”

    http://www.ropepump.org

    sistemnya sangat sederhana dan bisa di buat dari material yang banyak terdapat di pasaran,
    saya pernah membuat sistem tersebut di kepulauan mentawai,tepatnya di pagai selatan,pada saat itu kami ada program untuk air bersih.
    dan itu di pergunakan untuk supply air dari sumur ke MCK yang kami bangun,

    Comment by agus — 25/03/2013 @ 10:12

  9. hallo teman teman semua,topik nya menarik sekali,
    saya coba berbagi pengalaman nih,saya pernah bekerja di sebuah lembaga kemanusiaan internasional,waktu itu kami ada program untuk air bersih,
    yang pernah saya buat adalah “spiral pump” .ini adalah teknologi sederhana dari jaman dulu (saya lupa tahun nya) dan sistem ini lebih kepada sistem supply air saja,
    saya ada dokumentasi videonya di youtube.

    mohon di share informasi kalau ada info tentang teknologi sederhana

    terimakasih

    Comment by agus — 24/03/2013 @ 06:24

  10. Maaf mas kalau nempah pompa nya ke mas bisa gak, saya mau menaikkan air dari sumur di ladang saya, kedalaman sumur max kira-kira 6 m, jarak air ke muka tanah kira-kira 2-3 m.

    Terima Kasih

    lebih baik beli pompa tangan, dulu disebut pompa dragon.

    Comment by robby — 26/02/2013 @ 15:42

  11. mat malam mas, saya mau tanya, sya ada sedikit masalah dengan sistem yang saya buat yaitu, menyedot air dari sebuah kanal yang lebih renda untuk di alirkan ke sebuah petak sawah,yang dibantu dengan sebuah drum bekas sebagai pengganti mesin pompa ( sistem vacum ) tetapi hingga saat ini belum membuahkan hasil. yang saya dengar katanya orang pernah berhasil, kira2 apa kelemahannya mas,dari ben NTT. terimakasih sebelumnya.

    Dengan drum? Bgmn cara kerjanya?

    Comment by BEN — 26/01/2013 @ 22:13

  12. ijin copy pa

    Comment by ari — 22/12/2012 @ 22:05

  13. menurut ane , gambar gambarnne terlalu rumit , beda to antara gambar dengan judul iki ‘ pompa air sederhana . gambar sampean terlalu rumit . tp lumayan bagus kok . tp , ada yang kurang ya itulah yg td ane bilang tu . good ……

    Tipikal. . . .

    Comment by doke — 15/10/2012 @ 16:54

  14. bagus, saya suka.
    mas, saya mau buat pompa sederhana dgn tenaga angin. air sungai kedalam 3 mtr. jrk ke sawah 5 mtr. yg plng optimal pake yg mana ya?

    Comment by heru — 22/09/2012 @ 09:38

  15. pak taufik saya cendrung tertarik dengan teknologi Rampump 1: apakah bisa difungsikan pada daerah pemukiman dengan ketinggian 100 s/d 200 meter dari permukaan sungai

    Menurut yg saya ketahui dari sumber air harus turun dahulu baru bisa dinaikkan. Coba saja lihat di link yg ada.

    Comment by Adrial Koynya — 14/09/2012 @ 02:45

  16. kalo yang menggunakan dinamo tamiya dan cara membuat nya baling baling mainan yang bentuknya seperti secrup dan dudukan nya dari sedotan dan pipa nya dri selang maka hasilnya maksimal sedotnya 10 cm

    Comment by deden — 26/08/2012 @ 17:20

  17. mas minta tolong skema untuk pompa tangan tekanan tinggi untuk senapan pcp. pingin tau rancang bangunnya….sebelumnya makasih

    Tidak punya.

    Comment by bambang — 16/03/2012 @ 11:24

  18. pak taufik, saya boleh minta referensinya Via PDF, link nya sudah mati. Terima kasih

    Cb pd hlmn About linknya.

    Comment by alcapone de marchiarto — 04/03/2012 @ 17:38

  19. what obout you pedal operting water pump system?

    Comment by pavalar — 03/02/2012 @ 12:17

  20. Thanks,atas sebagian ilmunya yang sudah dibagikan untuk kita.Saya akan membagikan kembali untuk masyarakat kita terutama yang dipedesaan agar bisa memanfaatkannya,trims

    Comment by Zainal — 10/11/2011 @ 09:07

  21. halo mas Tonytaufik. aku punya rencana nih nutuk buat pompa air manual,yang ingin aku pergunakan di daratan pegunungan. dan masalah air yang ada di daerah itu sangat jauh ke bawah, sementara posisi kebun yang sedang aku kelola sekarang ada di atas kira-kira 20 meter. tolong donk dibantu, bagaimana saya membuat pola perakitan pompanya. dan bahan-bahan apa saja yang akan saya pergunakan nantinya. dan kalau boleh tolong di buatin gambar dasarnya ya Mas. terimakasih.
    sukses trus ….buat mas Tonytaufik.

    Maaf, silakan lihat ttg pompa rampump.

    Comment by ibel — 31/10/2011 @ 09:26

  22. Hi tonytaufik.wordpress.com !

    [img]http://img219.imageshack.us/img219/5271/newsc7ucbcrjda7885jb0.png[/img]

    Build your site on Open SLAED! SLAED Open is an easy site with minimum requirements for server, high levels of protection and a great choice for the creation of a site of any complexity! Open SLAED is an Open Source (GNU).

    Language: German, Russian, English
    Size: 3.98 Mb
    Version: 1,1

    Download: http://www.slaed.net/uploads/files/public/open_slaed.zip
    Author of the site: http://www.slaed.net/voting.html

    Bye!

    Comment by fuffeviariandor — 24/05/2009 @ 21:12

  23. saudara…..bleh minta informasi mengenai pompa yg dapat menaikan tekanan air sampe 10-20m …………ngk ?????

    blz di emal ya………..
    chezy_033@yahoo.com

    @ jogya/chezy,
    setahu saya ramp pump sbgmn gambar diatas yg dpt menaikkan air hingga beberapa puluh meter. Coba saja klik linknya (banyak rupa2 construction plan disini, dg biaya murah, cari di indexnya).
    Atau di
    http://www.instructables.com/id/Hydraulic_Ram_Pump/ , juga http://www.intructables.com/id/Worlds_greenest_water_pump/
    Alternatif lain adalah pulsar pump di http://members.tripod.com/~nxtwave/gaiatech/pulser/index.htm

    Mohon maaf dijawab disini saja agar semua orang dpt mengetahuinya.
    Salam dan selamat berexperimen.

    Comment by jogya — 08/04/2009 @ 22:47

  24. wah hebat tapi kok aneh, sampean tau nyoba’ ta?

    @ gigon,
    dah tau bahasanya Inggris, masih nanya. Piye tokh?

    Comment by gigon — 27/02/2009 @ 21:49


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: