Tonytaufik Punya Kreasi

Adaptor dari PowerSuppy ex PC

Jika butuh adaptor biasanya kita beli jadi atau membuat sendiri. Kebetulan saya punya powersupply ex PC P2 yang dibuang sayang, maka saya jadikan powersupply untuk keperluan pengetesan. Setelah dibuang konektor panjangnya maka jadilah powersuppy ini menjadi adaptor 12V/22A dan 5V/2A, regulated, tidak panas dan ringan! Tetapi apakah benar 12V/22A belum diuji.

Terdapat dua kabel yg tidak ada konektornya, sengaja dibuat demikian agar lebih jelas tujuannya. Kedua kabel itu adalah sebagai switch-on jika digabung. Pakailah saklar ON-OFF supaya lebih aman (bukan saklar push-on). Adapun kabel aslinya adalah berwarna hijau dan hitam (lihat gambar dibawah).

Dengan tambahan kabel USBtoIDE/SATA maka jadilah harddisk internal/cdrom internal menjadi HDD/CDR USB. Jika menggunakan adaptor bawaan dari USBtoIDE/SATA maka adaptornya cepat panas, apalagi jika dipakai lama bisa rusak; itulah yang saya alami.

   

Ini adalah konektor yang umum terdapat pada PS sebagai powersupply di motherboard. Kalau komputer lama 20 pin, sedangkan yang terbaru 24 pin. Yang 24 pin sebenarnya bisa dilepas menjadi 20 pin, tinggal geser keluar yang 4 pinnya maka jadilah 20 pin.

Buang/potong kabel2 semuanya {kecuali yang berwarna HIJAU (ps_on) dan HITAM (com kiri atau kanan sama saja} dekat PCBnya, hati2 jangan sampai ada yang saling beradu kabel dalamnya; kalau mau rapi dan aman buang langsung dari solderannya. Kabel HIJAU dan HITAM adalah untuk menghidupkan PSnya. Saklar ON-OFF bisa ditanam di kotak PSnya supaya rapi.

Jika perlu yang 3V3 dan -12V tinggal solder saja lagi di PCBnya.

.

4 Comments »

  1. Saya juga mengalami hal yang sama, power adapter bawaan dari paket pembelian USB to IDE/SATA panas dan meledak. Padahal pemakaian baru 4 hari tapi penjual tidak menerima klaim saya. Terpaksa saya membeli yang baru (1 paket dengan kabel karena tidak terjual terpisah). Dengan power adapter ternyata masalah yang sama terjadi (adapter panas). Saya googling, ternyata Pak Taufik punya solusi untuk mengganti power adapter bawaan dengan PSU PC. Yang saya masih bingung adalah untuk konektor yang digunakan memakai yang 24 pin ATX bukan yang 4 pin peripheral ya? mohon pencerahannya untuk pin/kabel (12V, 5V) mana yang masuk ke port di HDD 4 pin (ATA) Terimakasih =)

    @
    Tdk perlu satuan, tokh sdh ada terminalnya. 20 atw 24 pin sama saja.
    ATA: red-black-black-orange. Red:5v, orange:12v, black:0/ground.
    SATA: yellow-black-red-black.
    Ps on: green-black dijumper/short.

    Comment by Arif — 05/09/2013 @ 23:53

  2. You are so interesting! I do not believe I’ve truly read through a single thing like that before. So good to discover somebody with genuine thoughts on this subject. Really.. thanks for starting this up. This website is something that is needed on the web, someone with a little originality!

    Comment by rekuperatory — 07/05/2013 @ 11:16

  3. To jest w zasadzie sławetny a także przydatny kawałek wiadomości.

    Jestem zadowolona , że trafiłam na Twój blog. Dzięki za udostępnienie.

    Comment by pompy ciepła cena — 25/03/2013 @ 04:51

  4. pak, mau nanya…itu tegangannya dc ya?mksud sy tegangan itu nyetrum apa tidak…
    cara ngukur pake multimeternya gmn..

    Comment by saleh — 11/02/2013 @ 16:47


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: