Tonytaufik Punya Kreasi

Kompor Kayu Bakar

Tin Stove

backpknetstove backpknetstove-1 backpknetstove-2 backpknetstove-3 backpknetstove-4

http://www.backpacking.net/makegear/falk-woodstove/index.html

This powerful little stove can boil 2 cups of water within 7 minutes and runs on burnable solid fuels like paper, dried leaves & grass, twigs,wood, even pine cones.No need to carry gas stoves or heavy propane bottles when you’re on the trail.Let nature supply you with fuel, just use any dried twigs or wood you find laying around.

Tungku Serbuk Gergaji

permakultur-kompor-serbukgergaji

1. Buat lubang kecil di ember sebagai mulut bawah tungku, kira-kira setinggi 3 cm dari bawah.

2. Anyam kawat seukuran bagian dalam ember, tapi sedikit lebih kecil sehingga tidak menyentuh dinding ember. Kawat harus 2 cm di bawah bagian atas dari ember. Jangan sampai kawat menyumbat lubang kecil di bawah ember.

3. Campur semen dan pasir, kira-kira 1 bagian semen dan 3 bagian pasir. Ini harus campuran setengah kering. Masukan sekitar 2 cm semen ke dalam ember(di dasarnya), lalu letakkan kawat di dalam ember dan dudukkan di semen basah tersebut. Letakkan kaleng ke dalam ember. Masukkan sepotong bambu/kayu melalui lubang kecil di bawah ember/mulut bawah tungku, sampai menyentuh kaleng. Taruh batu di kaleng untuk mencegahnya bergerak-gerak. Isilah ruang antara dinding ember dan kaleng dengan campuran semen dengan perlahan dan hati-hati. Isi penuh sampai ke atas ember dengan merata. Jaring kawat berfungsi sebagai tulang cetakan.

4. Biarkan sekitar 1 jam, lalu dengan hati-hati, buat 3 lekuk yang sama di atas semen (di mulut tungku), kira-kira 1 cm dalam dan 2 cm lebar. lekuk-lekuk ini akan menyediakan alur udara yang penting ketika memasak dan diperlukan untuk tungku bekerja.

5. Ketika semen telah kering, hati-hati lepaskan kaleng dengan memutar pelan-pelan dan tarik. Lepaskan juga bambu pada lubang bawahnya.

6. Taruh cetakan dalam ember ini di tempat kering dan gelap dan biarkan selama 2 hari.

7. Untuk melepaskan ember, ketok pelan dinding ember, lalu balik dan goyangkan sampai tungku semen lepas. Hati-hati jangan sampai jatuh dan pecah. Tutupi dengan kain lembab dan usahakan tetap lembab dalam waktu seminggu untuk mengawetkan semen dengan baik. Setelah itu, tungku siap untuk digunakan!

Cara menggunakan tungku semen dan serbuk gergaji:

1. Ambil 2 potong bambu. Letakkan potongan pertama di tengah-tengah tungku secara vertikal (tegak lurus) dan letakkan potongan kedua melalui lubang bawah tungku secara horizontal sehingga menyentuh potongan bambu pertama.

2. Tuangkan serbuk gergaji ke dalam tungku dari atas hingga penuh dan padatkan.

3. Putar dan lepaskan kedua potongan bambu dengan hati-hati tanpa merusak bentuk serbuk gergaji, hingga tungku mempunyai terowongan berbentuk ‘L’.

4. Untuk menyalakan tungku, ambil sepotong kayu kering yang tebal dan celupkan ke minyak tanah, lalu taruh di bagian lubang bagian bawah tungku, nyalakan korek dan jatuhkan dari lubang atas.

5. Serbuk gergaji lambat laun akan terbakar. Ketika serbuk gergaji ditengahnya berwarna merah terang, kayu dapat di keluarkan. Tungku akan menyediakan panas yang konstan selama 2 jam. Jika meminta panas yang lebih, masukkan batang kayu yang lain.

http://www.idepfoundation.org/download_files/permakultur/MOD12-teknologitepat.pdf

Good Stove Portable

image056 image058 image070

A portable “Good Stove” has been designed. This is for the convinence of some families who prefer to cook outdoors and would like to shift thier stove inside their house during the rainy days. The design is same as that of “Good Stove” except that it is a simple single stove.

http://e-goodstoveportable.blogspot.com/2006/05/good-stove-portable.html

Lorena and Shielded Stove

improverocket lorena1

http://www.energyandminerals.go.ug/DOCS/HOUSEHOLD%20Stoves%20Construction%20Manual.pdf

Justa Stove

1

http://www.stoves.bioenergylists.org/stovesdoc/TWP/justa/Justa_stoveone-pager.pdf

Low-cost portable Wood-gas (Gasifier) stove

gasifier20stove

A low-cost portable Wood-gas stove has been developed based on the Garlington’s portable gasifier model. It is top-lit and the draft is upwards. A small tin can of 3.5 inches diameter and 5 inches height is used for making the Wood-gas stove. For grate an aluminum wire is used at the bottom (even iron wire or nails can be used). Primary and secondary air slits are punctured into the tin to make the stove. A tin sheet or bricks or mud and stones can be used for the skirt and fire place.

For fuel one inch length small pencil size sticks (pruned twigs) or shavings and chips of wood from a carpenter’s workshop can be used. This stove burns for about 8 minutes with the wood-gas generated and later on the resultant charcoal burns for next 5 to 8 minutes giving sufficient heat for boiling one liter of milk or one person can take bath with the boiled water.

http://e-woodgasstove.blogspot.com/2006/03/low-cost-wood-gas-gasifier-stove.html

Eco Rocket Stove

pyroenergenecostove-1 pyroenergenecostove-2

http://www.pyroenergen.com/articles08/eco-rocket-stove.htm

Backpack 1 stove

image103 image104 image105 image106 image107 image108 

http://journeytoforever.org/

Design kompor lain:

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

http://www.instructables.com/id/Build-a-low-tech-CFV-stove/Build-a-low-tech-CFV-stove.pdf

http://www.instructables.com/id/An-emergency-pocket-stove/An-emergency-pocket-stove.pdf

http://www.instructables.com/id/Cool-Little-Miniature-Stove!/Cool-Little-Miniature-Stove!.pdf

http://www.instructables.com/id/Light-weight-Sturdy-Backpacking-Stove/Light-weight-Sturdy-Backpacking-Stove.pdf

http://www.instructables.com/id/The-amazing-camp-stove/The-amazing-camp-stove.pdf

Lainnya:

Membuat Arang

buar-arang

Langkah-langkah untuk membuat briket arang adalah sebagai berikut:

• Potong ujung drum. Balikkan, lalu potong lingkaran kecil, selebar 20 cm, di tengah-tengah tutup ujung yang lain. Pastikan tepiannya yang tajam dilekukkan ke dalam.

• Isi drum dengan daun-daun bambu yang segar, pecahan batang bambu yang tipis (tidak kering), tempurung kelapa dan sabutnya, sekam kopi, sekam padi, dedaunan(daun bambu yang terbaik).

Bakar bahan-bahan tersebut dengan perlahan dan sekali-kali aduk api dengan batang kayu melalui lubang atas drum. Sekali-sekali, cipratkan air untuk memperlambat proses pembakaran. Tambahkan sisa bahan-bahan kalau ada. Ketika semua bahan telah terbakar dan menjadi potongan-potongan arang hitam, matikan api dengan air. Arang hitam akan tertinggal di bawah.

• Buat perekat. Lumatkan beberapa singkong segar dan ambil santannya. Tambahkan air untuk membuat lem/perekat yang kental. Atau, hancurkan batang singkong, taruh dalam ember (tidak termasuk kulitnya) dan campur dengan air. Biarkan campuran mengendap. Campuran itu akan terpisah menjadi air pada atasnya dan perekat berada di bawah. Tuangkan air keluar sehingga yang tertinggal hanya perekatnya.

• Campur arang hitam dengan lem/perekat singkong. (90 sampai 95% arang dan 5 sampai 10% perekat singkong.) Letakkan campuran ini ke dalam cetakan, lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Menggunakan Briket Arang

Briket arang dapat digunakan untuk memasak dengan api terbuka, tungku atau oven tanah liat. Briket arang akan terbakar perlahan-lahan dan menghasilkan panas yang konstan. Mulailah membuat api kecil dengan batang kayu lalu tambahkan briket arang ketika api mulai menyala. Perlahan briket akan terbakar dengan sendirinya. Tambahkan beberapa batang kayu lagi jika Anda perlu meningkatkan panas, dan tambah lagi briket arang jika diperlukan.

http://www.idepfoundation.org/download_files/permakultur/MOD12-teknologitepat.pdf

Cara Lain:

Kaleng bekas biskuit/krupuk yang masih ada tutupnya dan berukuran cukup besar. Potong kecil2 kayunya lalu masukkan kedalam kaleng hingga penuh. Tutup lalu kocok2 agar dapat diketahui apakah masih bisa ditambah kayunya. Balikkan kaleng, buka tutupnya, taruh di tanah. Buat api unggun disekeliling dan diatas kaleng. Biarkan api mati dengan sendirinya, lalu ambil kaleng tsb, balikkan. Sekarang kayu sudah menjadi arang. Berapa lama proses ini, silakan bereksperimen.

Perhatian: tutup harus dibuka agar gas didalam kaleng tidak terakumulasi, yang dapat menyebabkan kaleng pecah atau meledak.

Briket sekam padi:

Pipa besi 4″, P: 120 cm, T: 150 dari tanah sudah termasuk 3 kaki (ukuran tidak mutlak). Lubangi pipa untuk keluarnya asap/panas (kemungkinan lubang harus banyak sekeliling pipa?). Tumpuk sekam yang sudah kering sekeliling pipa. Masukkan bara kedalam pipa. Sesekali percikkan air ke sekam agar jangan sampai terbakar habis. Jika pembakaran sudah 90%, pindahkan pipa ketempat lain, lalu balik2 sekamnya agar proses pengarangan menjadi rata. Perekat tetap menggunakan aci/sari perasan singkong. Arang dicampur aci hingga rata, lalu masukkan kedalam cetakan (bambu, misalnya), dan jemur hingga kering.

CONSTRUCT THE CHARCOAL KILN 1

cltastateedu-charcoal cltastateedu-charcoal-1 cltastateedu-charcoal-2 cltastateedu-charcoal-3

http://clt.astate.edu/elind/charcoalvalentine.htm

Charcoal making in your back yard can be accomplished with little cost or effort. Most of your effort will be used in making your kiln and thatwill take only a couple of hours with common tools and using commonly available materials. Your cost will be in acquiring those few materials that you don’t already have in your garage.

CONSTRUCT THE CHARCOAL KILN 2

Making charcoal is surprisingly easy. But it is not something you want to do in your backyard except in small quantities. The method I describe here is what is known as the retort or indirect method.

twinoaksforgeorg-charcoal twinoaksforgeorg-charcoal-2 twinoaksforgeorg-charcoal-3

http://www.twinoaksforge.com/BLADSMITHING/MAKING%20CHARCOAL.htm

Lainnya:

02P05 02P06 02P12 02P17

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Alat Pres Briket

Bahan briket yang umum bisa sobekan2 kertas, bilah2 kayu (woodchips) atau serbuk gergaji (sawdust). Bahan direndam didalam air, atau mungkin juga dengan aci. Setelah tercetak lalu dijemur hingga kering.

bricketpress bricketpress3 bricketpress2 

http://www.gaia-movement.org/files/manual%206e%20Briquete%20Press%20ECHO.pdf

Design kompor lain:

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

http://www.instructables.com/id/Build-a-low-tech-CFV-stove/Build-a-low-tech-CFV-stove.pdf

http://www.instructables.com/id/An-emergency-pocket-stove/An-emergency-pocket-stove.pdf

http://www.instructables.com/id/Cool-Little-Miniature-Stove!/Cool-Little-Miniature-Stove!.pdf

http://www.instructables.com/id/Light-weight-Sturdy-Backpacking-Stove/Light-weight-Sturdy-Backpacking-Stove.pdf

http://www.instructables.com/id/The-amazing-camp-stove/The-amazing-camp-stove.pdf

.

Kesulitan link PDFnya? Silakan cari disini .

.

.

6 Comments »

  1. coolll…

    Comment by Anton — 19/01/2018 @ 15:06

  2. minta info klu buat pembakaran batu gamping bisa apa ga ya? tx

    Mohon maaf, tidak tahu.

    Comment by hendrik siswanto — 10/03/2012 @ 16:16

  3. thanks..
    uda ngasih ilmu baru..

    smoga bermanfaat bagi siapa saja yang membaca..
    “manusia yang paling hebat adalah manusia dapat memberikan banyak manfaat untuk manusia lainnya..”

    Smoga smua pihak yang bersangkutan mendapat berkah..
    Amieen…

    Comment by reza ananda — 17/05/2009 @ 19:24

  4. trims sebelumnya smoga ilmunya bermanfaat,saya mau mencari methode membuat arang sekam,barangkali mas taufik ada bagi dong infonya.terima kasih

    @ agus,
    silahkan lihat di:

    http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/INDEX.HTM
    http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/VITAHTML/SUBLEV/EN1/CHARCPRD.HTM
    http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/VITAHTML/SUBLEV/EN1/CHARCOAL.HTM
    http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/VITAHTML/SUBLEV/EN1/CHARWOOD.HTM

    Salam.

    Comment by agus wibowo — 11/05/2009 @ 11:01

  5. Mas Tony Taufik, terima kasih banget semua ilmu yang telah Anda share untuk kita semua. Semoga amal ibadah Anda mendapat berkah dari yang Maha Pengasih dan Penyayang…Amin.

    @ Dyos,
    terima kasih dan amin. Tetapi sesungguhnya sebagian adalah milik orang lain (bahwa setiap gambar yang ada link dibawahnya itulah milik yang bersangkutan). Saya hanya sekadar memberikan informasi dimana mencarinya. Semoga semua ybs juga mendapatkan berkah.
    Amin.

    Comment by Dyos — 29/03/2009 @ 15:54


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Blog at WordPress.com.