Tonytaufik Punya Kreasi

Generator Listrik Paling Sederhana

Generator Kardus

image001

http://www.discoverthis.com/projects.html

Generator ini tidak menggunakan “komutator” (yaitu semacam cincin yg dibagi dua yg menjadikan keluarannya DC), maka outputnya adalah AC yang langsung dihubungkan ke lampu. Lampu tidak akan putus selama tegangannya sesuai.

Bahan-bahan:

4 bh ceramic magnet (1cm x 2cm x 5cm) atau magnet bentuk lain selain magnet bekas speaker

100 gr / 1ons kawat email uk 0.1mm (ada juga yg lebih tipis lagi)

1bh lampu mini, 1.5V/25mA atau lampu LED

1lb kardus bekas (atau plexiglas/triplex tipis), 8cm x 30cm

1bh paku, minimal 8cm panjangnya

ampelas untuk membersihkan lapisan email kawat

selotip untuk membungkus gulungan kawat

Optional: bor listrik kecil untuk memutar rotornya

Peringatan!

Jauhkan magnet dari semua peralatan elektronik (pc, hp, tv, vcd, piringan cakram, kartu kredit, dsb) karena akan merusak.

Box rumah generator:

Buatlah garis seperti dibawah ini pada kardus. Tentukan titik tengahnya (utk lubang paku nantinya).

gendus0

Catatan: Bila boxnya dari plexiglas/triplex, jangan membuatnya lebih besar dari gambar diatas. Gulungan kawat harus sedekat mungkin dengan putaran magnet agar hasilnya maximal. Jadi buatlah sesuai panjang dan lebar magnet.

Selanjutnya lipatlah menurut garis sehingga berbentuk kotak, dan rekatkan dengan selotip. Garis tengahnya harus berada disisi luar agar mudah ditusuk dg paku.

gendus1

Tusuklah paku di garis tengah kotak hingga tembus kebelakang. Jangan sampai lubangnya kebesaran, asal pakunya dapat bebas berputar sudah cukup. Cabut kembali pakunya.

Menggulung kawat email:

Ambil kawat email. Setelah dilebihkan 10 cm, rekatkan kawat ditengah box dengan selotip lalu mulailah menggulung. Dari tengah terus kebawah/atas, lalu naik lagi hingga keatas/bawah, dst., hingga kawat tersisa 10 cm (kalau bisa posisinya juga ada ditengah). Tidak mengapa bila lubang paku tertutup. Sambil tetap memegang ujung kawat, bungkus gulungan dengan selotip agar tidak terurai, tapi jangan sampai lubang paku ikut terbungkus. Bersihkan lapisan (yg berwarna kuning) kedua kawat 2cm (boleh lebih) dari ujungnya dengan ampelas sekeliling. Dengan hati2 renggangkan gulungan kawat yg menutupi lubang hingga paku dapat masuk., dan pastikan paku dapat berputar bebas.

gendus2

Menempatkan magnet.

Dari 4 magnet jadikan 2 pasang (masing2 saling menempel dg pasangannya). Tempelkanlah kedua pasang magnet tsb di paku (didalam box) memanjang kesamping (berbentuk palang). Atur posisi kedua pasang magnet itu sama dan seimbang., lalu coba putar pakunya (selanjutnya disebut rotor) hingga bebas berputar. Boleh sisipkan ruang kosong diantara pasangan magnet tsb dg kardus sehingga lebih kokoh. Boleh juga magnet2 itu dililit dg selotip agar tidak terlepas dari paku.

gendusmgnt1 gendusmgnt2

Menyambung ke lampu.

Pastikanlah tiap ujung kawat bersih dari lapisannya supaya arus yg lewat dapat bebas mengalir untuk menyalakan lampu, nantinya.

gendus4

Lilitkan ujung2 kawat generator ke kawat2 lampu, dan jauhkan, agar tidak terjadi hubungan pendek.

Test generator.

Putarlah rotor bertahap dari lambat hingga mampu menyalakan lampu dg terang. Bila telah diketahui seberapa kencang putarannya sampai lampu menyala terang, maka jadikanlah patokan. Sebab bila melebihi maka lampu akan putus/terbakar. Perhatikan juga apakah magnet bergesekan tidak dengan boxnya, baik sewaktu diputar kencang maupun setelah melambat, karena akan mengurangi putaran juga. Terang atau redupnya lampu ditentukan oleh seberapa cepat putaran magnetnya, dan seberapa dekat jarak magnet dg gulungannya.

Bila ternyata lampu tetap redup walau telah diputar sekencangnya (apakah juga sama sewaktu diputar dg bor listrik mini) maka mau tidak mau harus ditambah gulungan kawatnya. Caranya tinggal sambung/lilit saja ujung kawat akhirnya dengan yg baru (yg sudah bersih dari lapisan email)lalu gulung dg arah yg sama lagi. Generator ini minimal harus dapat menghasilkan tegangan 2V supaya lampu dapat menyala.

Bila anda bermaksud ingin mengetahui seberapa besar tegangannya bila diputar sekencang-kencangnya, maka tambahkan satu lampu lagi yg disambung secara seri (ujung lampu 1 dg ujung lampu 2, ujung lampu 2 dg ujung generator). Masih juga sanggup menyalakan kedua lampu, tambahkan kembali lampu yg ketiga, demikian seterusnya, hingga lampu yg terakhir tidak menyala walau rotor telah diputar paling kencang.

Catatan.

Berat atau ringannya rotor diputar tergantung dari bebannya. Bila ternyata dg lampu mini tsb rotor terasa berat/keras diputar, maka gantilah dengan lampu LED (ada yg berwarna merah, kuning, hijau dan putih). Led putih dpt menyala dg tegangan 2-5V, led yg lain max 3V.

Menjadikan motor.

Salah satu kawat keluaran generator sambungkan ke ( + ) batere 6V (4x AA), kawat yg lain sentuhkan ke (- ) nya, maka generator ini berubah menjadi motor! Untuk merubah arah putaran, + /- tinggal dibalik.

Merubah tegangan AC menjadi DC.

Cara yg termudah adalah dg menggunakan 4 buah diode (type IN4001 umum, tapi sayangnya arus berkurang hingga ¾ dr keluaran generator. Pilihan lain adalah IN5819, Cuma agak jarang dipasaran).

Generator Kayu

genwd0

genwd1 gnwd2

http://miniscience.com/projects

Aneka generator sederhana lain:

creative-scienceorg creative-scienceorg-1 creative-scienceorg-2 creative-scienceorg-3

http://www.creative-science.org.uk/

Motor Listrik Sederhana dg Saklar Reed 1

mtr10

mtr12 mtr13 mtr11

http://simplemotor.tripod.com/selfmotor.htm

Motor Listrik Sederhana dg Saklar Reed 2

mtr29 mtr213 mtr21 mtr20

http://simplemotor.tripod.com/kits1-4.htm

Kincir angin kertas

kincir-angin-kertas

http://www.talentfactory.dk/en/kids/teacher/turbkit.pdf

Generator mini angin dan air

hydro2 wnd2

http://www.re-energy.ca/

mini Windmill

windmill windmill-1 windmill-2 windmill-3 windmill-4 windmill-5

http://www.wm8c.com/

.

Bila kesulitan mencari bahan-bahan pdf atau linknya sudah tidak ada, silakan unduh disini. Termasuk dokumentasi berbentuk video (3gp).

48 Comments »

  1. cara masang paku ke magnet nya gmana tu mas

    Comment by ridwan kurnia — 18/04/2014 @ 16:16

  2. *thank’s gan info’a sangat brmanfaat”. .

    mau tanya mass . . . “kan pada generator umum’a paku atau besi’ yg di gerak’an ,yg saya tanyakan gmna jadi’a kalau magnet’a yg di gerak’an. . .

    jwb yo mass . . . . .buat experimen pertama

    @
    Lho yg berputar itu kan magnetnya, paku itu as/poros magnetnya.

    Comment by agung — 18/04/2014 @ 00:09

  3. Joli’-joli’i

    Comment by Iwan Wandi — 25/12/2013 @ 06:32

  4. 2-3 mm.

    Comment by tonytaufik — 24/12/2013 @ 04:10

  5. gan, berapa ya jarak antara kumparan dengan magnet…….
    jawab ya….

    Comment by ramdanil — 22/12/2013 @ 12:34

  6. kreatif gan,,, ane juga lagi ngumpulin data buat kreasi ane,, thanks infonya yak,,
    salam berimajinasi dan berkreasi mas broo,,

    Comment by Achmad Bae — 07/12/2013 @ 03:25

  7. Generator kreasi Mas Toni ini sepertinya sudah ada yang mengaplikasikan dalam bentuk GENZET mini. Orang tersebut ada di BOGOR-JAKARTA…maaf apakah ini hasil tehnologi murni dari mas Toni? Jika ya, mohon tanya alamat detil anda dan jika ada waktu bisa hubungi kami:CV.Berkat Energy Sollusindo Surabaya, Franky hp: 081349131131

    @
    Bukan, mungkin orang lain.

    Comment by Franky Tiono — 16/11/2013 @ 10:12

  8. mas utk menggulung kabel tempat ny brada d dalam box aph di luar box kardus ny…?

    @
    Kalau didalam bgmn menggulungnya?

    Comment by ali arfandi — 15/11/2013 @ 09:29

  9. saya mo nanya gan, gimana cara membuat generator tegangan 6volt yg bs buat ngecarz batre handphone komponen nya apa aj gan?

    Comment by tasum — 25/10/2013 @ 06:54

  10. keterangan fotonya ngga ada yg besaran lagi tuh fotonya ya pak

    @
    Bukankah ada link?

    Comment by glenn — 15/10/2013 @ 10:54

  11. Pak, boleh nanya ya !
    Klo gen itu muncul listrik krn ada perubhan garis gaya dari magnet.
    lha klo motor itu kyaknya gak ada magnetnya.
    truz klo motor jadi gen perubhan garis gya magnetnya dari mana pak. jan saya kog bingung ya. mohon dikit ilmunya pak. rada2 bingung saya. trims

    Comment by bakrun gabul — 17/08/2013 @ 14:30

  12. Sy tertarik dengan generator sederhan mas.di daerah sy g ada liatrik yapi sumber penggetak bisa dari air atau angin apa bisa sy dapat gambar cara buat kumparan generator sederhana dan rinciannya terimakasih

    Comment by ir a iyan sm — 15/06/2013 @ 05:16

  13. sip… trimakasih…

    Comment by irfan — 20/05/2013 @ 21:18

  14. mas kalau generator listrik tidak mau menghasilkan tegangan 220,ada yang rusak dimananya mas,cuma menghasilkan arus 110,padahal gulungan semua udah saya ganti.kasih tau penjelasanya ya mas..

    Comment by imam teguh — 08/05/2013 @ 19:56

  15. bos mau tanya… kalo generator bisa jadika motor,,,, berarti motor pun juga bisa dijadikan generator…. contoh dinamo tamiya apa bisa dijadikan generator… gmana caranya

    Jika magnet berputar mengelilingi koil maka akan menghasilkan listrik. Coba pikirkan caranya.

    Comment by Fedry Zunia Warman — 04/05/2013 @ 15:17

  16. mas mau tanya. Kalau saya niatnya rotor itu mau saya sambung ke kincir angin buatan sya kira2 bisa ga yah

    Bisa saja;langsung di asnya atau pakai belt/gear.

    Comment by muhammad al-fath diansyah — 07/03/2013 @ 05:06

  17. subhnallah. bermanfaat bngt ni. Apalgi bwt sya untuk bhan ujian praktek karya ilmiah fisika

    Comment by muhammad al-fath diansyah — 07/03/2013 @ 04:58

  18. Cari magnet sebaiknya ke toko perlengkapan laboratorium sekolah, agak mahal sih karena dibuat dari campuran baja yang kuat dan keras.

    Comment by Putra Lampung — 06/02/2013 @ 19:48

  19. mas bedanya motor listrik sama generator listrik apa? persamaan nya juga.

    Motor untuk menggerakkan, generator untuk menghasilkan. Motor bisa jadi gen, sedangkan gen belum tentu.

    Comment by Zetry Tyas — 31/01/2013 @ 17:24

  20. mas,saya mw tanya bisa gk ddepan rotor(paku)yang bulet kita kasih baling2 supaya gampang di puter,tapi pertanyaan sebenarnya,ketika kita putar baling2nya tentu dia akan b’gerak.dan apakah rotor’a b’gerk terus menerus?,karna ketika kita putar rotornya pasti ada arus listrik,dan arusnya itu dialirkan kedinamo tamiya,lalu diberi gir untuk memutar rotornya,lalu kita tambahkan kabel/kawat untuk disambung ke lampu,supaya lampu menyala terus.tolong ya mas jawabannya…..jihad 12thn

    Boleh saja. Rotor bergerak selama baling2 diputar. Jika hanya sekali saja pasti akan berhenti dg sendirinya. Bisa diputar oleh tangan atau dg kipas angin.
    Tergantung kecepatan putar-banyak gulungan utk menghidupkan motor tamiya+lampunya. Tergantung torsi (kekuatan tamiya) agar mampu memutar generatornya.

    Comment by jihad setiawan putra — 07/12/2012 @ 20:08

  21. Ide nya hebat…….!!!!
    Itulah anak bangsa

    Comment by Fakhri — 15/11/2012 @ 13:25

  22. trma ksih nie sngat mmbantu tgaz sya smp sya..

    Comment by QueenMichil — 15/11/2012 @ 12:40

  23. thanks atas infonya…
    sy cm mau nanya.. setahu sy maknet jg bs d buat dg arus listik, nah apakah cara ini bs d gunakan dg menggunakan pemicu listrik… karna mencari magnet sngt susah apalagi maknet yg dyanya lebih kuat dan apakah besar maknet jg mempegaruhi daya yg d hasilkan
    mohon bantuannya

    Dg magnet permanen bs lgsg menghasilkan listrik tanpa ada pemicu. Dg cara elektromagnetik, seperti contoh alternator mobil/dinamo amper. Semakin kuat magnet semakin kuat daya (tentu dg kawat email yg besar untuk mendapatkan amper besar).
    Kenapa tdk pakai magnet ex sepedamotor? Beli sekalian spulnya kalau malas gulung koil sendiri.

    Comment by gito — 10/09/2012 @ 12:08

  24. kardusnya teh kotak kan ?

    jadi sisinya 7.5 cm ?

    kenapa gambar kardus diatasmah asa aneh

    Comment by Aji Eko — 07/09/2012 @ 15:40

  25. bagus bagus bagus

    Comment by irwanto — 13/07/2012 @ 15:59

  26. ” saya mau tanya
    kalau pakai kawat tembaga bekas dinamo mixer bisa ga untuk generator sederhana ?
    tq”

    Kawat email adalah kawat tembaga yg dilapisi email.
    Semakin besar kawat semakin sedikit gulungannya tapi semakin besar diameternya. Semakin tipis kawat semakin banyak gulungan.

    Comment by alvin — 11/07/2012 @ 15:59

  27. mas saya mau cari generatornya saja daya 1000 sampai 4000 hanya generatornya saja tanpa mesin jenset dan ukuranya yang kecil {bentuk fisiknya } kalau ada hub saya yaaa trims

    Jika kapan2 sy ke glodok akan sy tanya2.

    Comment by arfia — 16/06/2012 @ 15:41

  28. Salam Sahabat,
    Pembahasan generator yang sangat bagus sehingga berkenan dijadikan sumber untuk tulisan. Trims. Was. Doddy

    Comment by setiagraha — 23/04/2012 @ 11:43

  29. Dear Pak,

    Saya memiliki beberapa poster,yang cara nempelkan di kerangkanya menggunakan besi magnet. Karena jarang dipakai, besi magnetnya sudahhabis dan tidak mau nempel lagi. Ada cara untuk ngecharge besi magnet/ bengkel tempat ngechare magnet/

    Tks. Ditunggu di toto.sukasmanto@cp.co.id

    Comment by toto sukasmanto — 12/04/2012 @ 18:59

  30. maap maksudnya magnit 1cm x 2cm x 5cm gimana

    Dimensi magnet. Klik saja link dibawah gambar awal.

    Comment by yono — 18/03/2012 @ 21:07

  31. keren banget artikelnya gan

    Comment by M Imam Jazuli — 16/03/2012 @ 19:57

  32. pak …
    klo magnet pada loussspeaker bisa gak di gunakan ,,,untuk untuk membuat generator,,,,,????

    bls ke email ya pak …
    adventmanurung8@gmail.com

    Kutub magnetnya seperti apa? Apakah depan belakang atau luar-dalam? Yang jadi soal adalah apakah kutub magnet speaker tsb ketika melintasi kumparan bergantian utara-selatan?

    Comment by friady — 14/03/2012 @ 13:15

  33. aku punya usul bikin sepeda yang di gerakkan motor listrik, dan dari hasil putaran roda selain utk jalan dari roda bisa menghasilkan listrik untuk mengisi accu/bateray dan sistrik dari batrey bisa untuk menggerakkan motor listrik, sari gerakan motor listrik bisa utk menggerakkan roda. jadi intinya saya ada ide bikin motor listrik tanpa ngecas, tanpa isi listrik gmna bisa bantu ilmu kepada saya…..

    Berapa amper kekuatan motornya agar sepeda bisa jalan dg beban sekaligus memutar generator? Generator model apa yg dipakai untuk mengisi accu (dlm amper) dan seberapa besar pasokannya?
    Intinya adalah: Seimbangkah antara pemakaian dg pemasukan?

    Comment by sutrisno — 04/02/2012 @ 07:22

  34. KERENNnnnnn,,,,,, beudtt deh!!!
    tengkyu infona’

    Comment by h4nun — 24/01/2012 @ 22:13

  35. dan masss jika ingin menambahkan energi yg dihasilkan apa hanya menambahkan kumparannya tidak dambah magnetnya

    Baca lagi dg cermat, ok?

    Comment by uyan sarwiti — 18/01/2012 @ 20:05

  36. mw tanaya do masss,,,,, kalo memakai kawat emai yang 0,4 mm atau 0,6 mm bagai mana tu hasilnya masssss tlong bantu ya masss

    Mbok ya bacanya jgn terburu-buru. Kan sdh dijelaskan bahwa semakin banyak kumparan (apakah jumlah gulungannya/koil atau jumlah kumparan/magnet) maka semakin tinggi outputnya (V). Besar kecilnya diameter kawat email hanya menentukan amper (A). Cari diinternet berapa kekuatan tiap2 diameter kawat yang dimaksud.

    Comment by uyan sarwiti — 18/01/2012 @ 19:58

  37. mas, kira-kira alat apa lg ya yg bs digunakan untuk memutar pakunya?

    Comment by sindy — 23/11/2011 @ 13:50

  38. alamatnya diman om tony /pak tony
    saya mau belajar kompor kaleng, dan generator

    Lihat halaman About.

    Comment by kiki — 09/11/2011 @ 08:23

  39. di mana ambil tenaga positif dan negatifnya ……..mohon banruannya…………………………?

    Sudah dibaca sampai akhir?

    Comment by hamdan — 29/10/2011 @ 09:50

  40. mas saya ada generator 80 kva dan saya pingin tahu hitungan gaya ( kg ) pada waktu beban puncak

    Mohon maaf, belum tahu rumusnya.

    Comment by soleh — 22/09/2011 @ 08:35

  41. numpang tanya dong…
    klo beli magnet nya toko apa sih?
    aku susah banget cari magnetnya, klo diganti pake hiasan kulkas” gtu bisa gak?

    Lihat halaman generator sederhana.

    Comment by karin — 16/09/2011 @ 20:13

  42. wah keren bgt tu tlng dng kasi tau cara buatnya atau artikelmya makasi

    ????

    Comment by yoga — 15/07/2011 @ 17:44

  43. om tony bisa minta bantuan mas rumus untuk gulung rotor mas lengkap sama itungannya kalo bisa om, dulu pas waktu stm apal pas belajar gulung, sekarang jadi lupa karena udah lama gak praktek, semua entah bukunya kemana, karena rencana saya coba untuk perbaiki mesin air merk dap hehehehehe===, kirim aja ke emailku ya om===== terima kasih bantuannya. salam kenal dari reyza.

    Wah maaf belum ketemu tuh rumusnya. Situs2 yg pernah saya kunjungi tidak ada satupun yang menginformasikannya. Apa yang pernah saya buat semuanya berdasarkan experimen alias coba-coba. Mungkin ada pembaca lain yang tahu? Tapi umumnya tukang reparasi mencontek dari banyaknya gulungan aslinya.
    Salam.

    Comment by valencia — 28/07/2009 @ 16:56

  44. ad yg tau gak dmna jula materila-materila untuk generator listrik tenaga angin dan air , terutama tempat jual magnetnya tuh, tq

    @ Deny,
    Memang kendala utama adalah magnet yg tidak mudah didapat. Plat besi, triplex, kawat email, pralon, dsb, semuanya pasti tersedia disetiap daerah (toko material, toko listrik, toko alat teknik). Lihat halaman generator listrik sederhana, tercantum toko-alamat-no telp. Coba anda hub via telp (jika anda bukan di Jkt), mungkinkah bisa kirim barangnya via pos/jasa pengiriman. Saya beli magnet (bukan magnet mainan) dari toko itu 2 tahun yg lalu (setelah berkeliling kota tempat tinggal saya, juga mencari di internet, tetap tidak ketemu. Terpaksa cari ke Glodok Jkt, tanya2, akhirnya dapat juga!) mudah2an masih ada tokonya.
    Inginnya saya bisa menyediakan magnet2 tsb, namun terhalang waktu (baca: modal) sehingga tidak dpt dilakukan.
    Salam dan selamat berkreasi.

    Comment by Deny — 06/07/2009 @ 12:31

  45. mas bisa kirim contoh mtr lis gnrator yg lain gak?saya juga mo ada utak-utik sendiri nich,please bantu ya?(sidoarjo jatim)trim’s(fani_agung@yahoo.com)

    yang disini masih belum cukup?

    Comment by fani — 27/05/2009 @ 20:24

  46. waduh…..mkAsih mas Ton… atas ekperimennya,tapi saya mo minta tolong, gimana cara bikin generator dari dinamo mesin jahit/semacamnya,kalo ada yg gak ngerubah jeroannya tapi dengan ditambahkan komponen2….
    bila ada tolong kirim ke email saya…..
    makasih mas Ton atas eksperimennya,semoga tambah sukses…!!!!

    @ Isam,
    Semua dinamo/motor bisa menjadi generator. Masalahnya adalah rpmnya harus 2x lipat dari rpm aslinya agar dapat menimbulkan listrik. Saya belum pernah membuatnya karena, yaitu tadi, rpmnya harus tinggi. Coba anda lihat di http://www.qsl.net/ns8o/genmenu.htm atau http://abrij.org/~bri/hw/motour.html sebagai ref.
    Salam.

    Comment by Isam — 14/04/2009 @ 17:38

  47. saya punya keinginan buat pembangkit dengan generator buat sendiri…
    tp gmana cara mengetahui besar tegangan yang di hasilkan jika gak punya alat ukur(voltmeter/multimeter dan sebagainya),

    Comment by haris — 16/03/2009 @ 15:19

  48. Wah hebat neh!!!!

    Saya mau minta tolong mas ton, mas punya cara menggulung kompresor kulkas ga? terutama cara melilitnya.

    Trim’s
    NB:
    Kalau ada sudi kiranya kirim ke email saya.

    @ Emin,
    maaf, saya tidak punya informasinya. Bukankah lebih cepat bila mencari bukunya? Coba saja di buku2 loakan, siapa tahu ada. Atau hub penyelenggara latihan/kursus.
    Salam.

    Comment by emin sumantri — 05/03/2009 @ 16:22


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: