Tonytaufik Punya Kreasi

Penetas Telur Otomatis 2

.

Beberapa skenario relay menggunakan rangkaian LM741.

Kiri: relay standar. Tengah: lampu/heater on-off, bukan fanmini. Kanan: Sumber listrik darurat thermostat. Khusus untuk Tengah dan Kanan harus menggunakan relay yang heavyduty.

Relay ini punya empat terminal. Satu disambung ke fanmini (jika perlu), yang tiga ke lampu-lampu. Ketika suhu rendah/stabil lampu-lampu tetap menyala sedangkan fan mati. Ketika suhu diatas settingan maka lampu-lampu padam sedangkan fan menyala.

Bisa juga terminal lampu-lampu menjadi 2 terminal sebagai lampu-lampu utama sedangkan yang satu dijadikan sekadar penerang sementara inkub (fan ikut on) ketika lampu-lampu utama padam. Ketika suhu kembali normal/low maka lampu-lampu utama hidup kembali sedangkan lampu penerang sementara+fan mati.

Atau kombinasi fan-dimmer-lampu2. Semua lampu2nya akan mati bila suhu diatas settingan, kecuali fan yang hidup. Maksudnya low-off / hi-on adalah untuk relay. Relay tetap mati (off) bila suhu masih sekitar settingan, dan baru hidup (on) jika suhu lebih.

.

Lamp Dimmer:

http://www.4shared.com/video/d5BFAgmG/dimmer.html

Komponen: Triac Q4004LT (max 60w)/Q4004L4 (max 100w), DIAC DB3, Resistor 10K, Capasitor 100n/400v, Trimpot/Potensiometer 500K.

Alat ini untuk mengurangi kekuatan cahaya lampu dengan mengurangi voltnya, maka dengan demikian mengurangi pula panasnya. Bermanfaat bila susah untuk mengatur suhu inkub. Kekuatan bebannya antara 60w-100w, bila lebih maka alat akan panas. Biayanya berkisar Rp. 36ribuan.

Misal lampu yang dibutuhkan 50w. Yang ada dipasaran 5w, 10w, 15w, 25w, 40w, 60w, 75w, dan 100w.  Bila dengan 25w maka harus tambah 25w; dg 40w maka harus tambah 10w; bila 60w maka terlalu panas. Untuk itu digunakanlah dimmer ini. Pakai lampu yg 60w, lalu putar potensiometernya agar terangnya berkurang, dan itu berarti sama dengan mengurangi panasnya, sehingga tidak perlu lagi tambahan lampu2 yang lain. Namun dari hasil ujicoba, dengan beberapa lampu 5W cukup memadai. Pada inkub (21/08/09) halaman Penetas telur sederhana dengan 3X5W sudah mencapai suhu 37.8°C.  Jadi tidak perlu kombinasi dengan watt lainnya.

(23/6/11)

Selain sebagai dimmer ternyata dapat pula dipakai sebagai motor controller untuk motor listrik AC.

.

Motor Controller.

Berguna untuk mengatur kecepatan putar motor DC. Tujuannya untuk dapat membolak-balikan telur. Apakah wadah telurnya yang berputar atau telur2 nya saja yang berputar/menggelinding, masih dirancang.

Ini adalah rangkaian pengatur putaran motor bolak-balik (kekiri atau kekanan) yang paling sederhana, hanya dengan memutar potensiometer. Powersupplynya menggunakan trafo 12vCT agar outputnya menjadi +/-/0 vDC. Jika hanya butuh putaran motor yg umum (searah jarum jam) maka cukup menggunakan satu transistor BD139 saja dan powersupply +12/0 vDC. Agar mampu menanggung beban  amper motor lebih besar ganti transistor dg type yg lebih kuat.

http://www.eleinmec.com/article.asp?28

 Yang ini lumayan banyak komponen tetapi hasilnya juga cukup memadai. Putaran motor bisa sampai lambat.

.

Timer.

1.

http://www.free-circuit.com/20-hour-timer-relay-circuit-with-40174020/

Berguna untuk mengatur waktu motor controller hidup/mati. Misal tiap 6 jam menghidupkan motornya. Ada juga yang mengusulkan dengan memakai jam bekker (jam dengan alarm).

2.

Rangkaian diatas adalah yang paling sederhana dan mudah didapat yaitu dengan menggunakan dua buah LM/NE 555. R1+C1 (TIMER1) menentukan lamanya hidup dalam jam; Pot+C2 (TIMER2) menentukan lamanya motor hidup dalam detik yang dapat diatur. Ketika waktu hidup TIMER1 sudah selesai maka otomatis akan menghidupkan TIMER2 nya, demikian seterusnya.

R1: antara 1M-13M Ω, C1:  antara 1000-3300 µF/16v, C2: antara 10-47 µF/16v.

output ke relay sebaiknya menggunakan transistor sebelum relay agar ic tidak panas.

 

Update 23/10/14

4xtimer big

skenario motor bolbal  relay f-r big

Rangkaian timer diatas dapat dijadikan sebagai pemutar motor bolak-balik (arus diatur di kedua pin relaynya; relay1 normal, relay2 dibalik). Jika output ke relay diberi switch push-off (ditekan mati) maka ketika tray (wadah) telur bergerak kesatu arah otomatis akan menekan switch sehingga motor terputus arusnya dan mati (walaupun timer masih berjalan).

Jika motor hanya satu arah saja maka arus di relay2 sama dengan di relay1.

TR adalah output transistor (bc547) dari ouput ic (kuning), sedangkan yang ke push-off (biru) adalah -V.

 

Model telur berputar:

Ini berputar keliling, jadi mudah memasang motornya.

Ini bergerak kekiri dan kekanan dengan sudut 15°. Mengatur motornya yang agak repot. Seberapa cepat motor berputar dan berapa lama waktunya agar pas pada sudut yang diinginkan.

Update 23/10/14:

Model diatas sdh bisa diatur. Lihat skenario motor bolbal diatasnya.

.

Thermostat standar:

 

Sensor ini tidak lagi menggunakan fan untuk membuang kelebihan panas inkub tetapi dengan mematikan lampu/heater inkub.

Thermostat-timer (2in1):

 

Rancangan thermo-timer-mtr cntrllr (3in1):

Rancangan thermo-timer-mtr cntrllr-dimmer (4in1):

Gambaran thermostat-timer-motor controller-dimmer dalam satu box.

 

Pada rancangan ini terdapat dua motor controller; satu untuk motor 12VDC, dan satu lagi untuk motor AC kecil (diatur oleh dimmer, dibuktikan dengan menguji fan AC mini kotak. Kemungkinan bisa dipakai sebagai motor bolbal telur jika anda kreatif).

Gabungan tiga rangkaian: Thermostat-Timer-PWM.

Software: Eagle PCBmaker.

Lumayan pusing. . . . .

.

Halaman ini masih belum selesai. Masih mencari motor 12VDC yang murah tapi handal. Jika motor DC mahal maka ada kemungkinan untuk menggunakan motor kipas angin AC portabel mini. Pengontrol cepat-lambat untuk motor AC ini bisa menggunakan lamp dimmer.

Mohon sabar.

.

Berbagi files mengenai inkubator telur dll silakan unduh disini.

.

Bila membutuhkan alat elektronik tersebut diatas ( tidak membuat inkub karena jauh lebih mahal ketimbang anda membuatnya sendiri) silakan hubungi di:

Email: onthet@gmail.com

HP: 0857 1455 1167 .

25 Comments »

  1. Mas tolong infokan harga penetus telur 2 yg ada motornya, yg dulu pernah beli penetas telur yg lama sukses mas tp lumayan sibuk muter telur satu persatu

    @
    Yg sulit adalah menemukan motor 12vdc/2A. Lalu cara berputar telur, apakah naik turun atau menggelinding. Sampai skrg itulah kendala saya.

    Comment by eko — 16/08/2014 @ 12:42

  2. berapa to harganya…..

    @
    Sms sj. Lihat About.

    Comment by wisanggeni — 31/05/2014 @ 09:46

  3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ. Mas.. Bisa
    Kontak lebih dekat?? Cs sya pengen rangkaian untuk motornya.. Trimakasi
    27B3674F oh ya.. Kontak sya ya mas..

    Tdk pny bb, lihat halaman About

    Comment by Bustanul hakim — 14/03/2014 @ 20:11

  4. mas aku dulu pernah beli tp gak ada dimmernya? kalo yg ada dimmernya berapa harganya? dan minta solusinya mas agar telur bisa berputar otomatis. ini saya yg dulu pake email eko.purnomo28@yahoo.com tp skrg email itu gak aku pake. makasih mas pengen beli yg ada dimmernya

    Sms ke 0857 1455 1167

    Comment by eko — 11/02/2014 @ 00:32

  5. sangat membantu, trimakasih pak..

    Comment by irfan — 20/05/2013 @ 21:28

  6. Mohon pencerahanya,bagai mana kalau motor yang d gunakan motor ac buat mesin cuci kan bsa bulak balik,yang saya tanyakan bsa ga memakai drimer untuk memperlambat putarannya, dan ada ga peralatan yang bsa d gunakan untuk mengontrol berapa menim jalan dan matinya.tolong blas lewat email

    Comment by cecep — 06/05/2013 @ 16:32

  7. tolong kirimkan panduan pentetas telur dengan lekngkap, ke adinainggolan01@gmail.com
    terimakasih banyak.

    Comment by adi — 28/03/2013 @ 22:57

  8. wah thank you bos ini yang aku cari

    Comment by syaifudin — 13/12/2012 @ 15:47

  9. Mas mau nanya lagi nih, kok timer yang kurakit ngak stabil yah.
    padahal dari diagram diatas sudah kubuat sama, yang anehnya kalo cuman satu ic ok2 aja.

    oh yah, kalo ada teman yang mau ngitung lama timer nyala bisa gunakan rumus
    T=1.1RC
    T = waktu timer hidup(detik)
    R = nilai resistor(ohm)
    C = nilai kapasitor(F)

    Hitungan diatas bukan patokan! Tetap hrs xprmn! Diagram 1 atau 2? Yg ke 2 yg baik dan komponen mudah didapat. Kestabilan trgntg dr kestabilan PLN!

    Comment by Basri — 11/12/2011 @ 14:07

  10. ass, mas mau nanya trafo vct tuh gimana? Kalo boleh muat diagramnya.
    Trus kalo pwm di atas tuh bisa ngak bolak balik.

    VoltCentralTap. Mudah koq, tanya lgsg sj ke tokonya seperti apa. Yg pasti ada tulisan CTnya.
    PWM hanya mengatur cepat-lambat putaran motor. Bisa bolbal adalah pengaturan putarannya yg bolbal (pakai saklar atau apalah) atau wadah telurnya yg bolbal; terserah mana yg mudah.

    Comment by dg. Marola — 01/12/2011 @ 12:51

  11. iya mas a/n mak saniyem, skrg msh lembur tgl pasang rangkaian listriknya

    Comment by eko — 23/11/2011 @ 19:22

  12. mas, saya eko yg di blitar jatim. Yg dulu prnh saya beli. Apa itu udah trmasuk dimmer ya mas. Inkub nya br tadi siang saya buat insyaallah besok siang udah saya pasang smua skalian ujicoba prtama kali. Kemarin2 saya sibuk krja maklum krjanya luar kota. Saya tunggu jwbnya dan trimakasih

    Yg a/n emak saniyem? Hanya thermostat sj. Baca lembar petunjuknya.

    Comment by eko — 22/11/2011 @ 21:38

  13. assalam, terima kasih atas informasinya yang begitu detil, moga bermanfaat. Tapi di tempat saya sulit cari komponennya. Kalo boleh mau nanya harga rancangan di atas untuk 3in1 dan 4in1 berapa yah. +Ongkirim ke sulawesi
    Kalo bisa saya mau pesan 1.

    Email sent.

    Comment by Basri, dg marola — 21/11/2011 @ 20:57

  14. Met mlm mas…!
    Q mo nanya masalah timer yg di atas ni, kalau q untuk mengatur biar aktif tiap 3 jam berapa ukuran yg di butuhkan dari R1 dan C1 nya,dan agar aktifnya selama 10 detik berapa ukuran R2 dan c2 nya?
    Mksh sblmnya

    Comment by Sawung — 05/11/2011 @ 18:52

  15. mas ikut nimbrung. udah coba rak bersusun belum?,sehubungan saya nyoba suhunya beda2 antar rak,udah diakalin pakai fan diperbanyak agar sirkulasi,masih aja beda temperatur,mudah2an mas tony punya cara untuk meratakan suhunya agar tidak jauh beda.

    Belum, dan memang pasti berbeda. Mgkn lampu hrs dibagi rata ditiap rak.

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 14/10/2011 @ 12:52

  16. mas nanya ni?motor untuk bolbal telur pakai motor pita kaset sudah jalan,perputaranya sudah bisa dilambatin,cuma tenaganya engga kuat ngangkat tray telur.kalau enggak dikasih beban, biasa2.jadi mesti pakai motor apa yang murah.

    Lha iyalaaah. . . . Ada yg pakai motor power window mobil, ada yg pakai motor wiper, padahal ampernya lmyn besar tuh. Kalau yg dc blm ketemu, msh hunting. Kalau tokh ada mahal, yaitu motor servo.

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 10/10/2011 @ 19:58

  17. ass.mas sya blh minta skema rangkain dan layout pcb ny?saya mw buat ni mas dengan alat yg seperti di atas.
    terima kasih sebelumnya y mas.email yahoo saya r_mail28@yahoo.co.id

    ‘Save As’ sj gmbr2nya, atau klik link yg ada dbwhny, atau klik gmbrny kl mau agak lbh besar. PCB layout hny sekadar iseng.

    Comment by ryan — 27/09/2011 @ 18:04

  18. ya,trimakasih atas penjelasannya,tadinya saya pergunakan elmen pemanas dan menggunakan dimer supaya arus yg menglir ke pemanas berkurang tapi yaitu tadi lama kelamaan elmen panasnya meningat dan akhirnya resistorna jadigosong.dan sekli lagi saya ucapkan terimakasih atas penjelasanna yang begitu jelas dan mudah dipahami,semoga mas tony tetap eksis slalu

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 27/09/2011 @ 10:34

  19. gak.yangsaya maksud dipakaipada elmenpemanas,bukan ama lampudohlam?????makinpanaselmen semakin godong makingosong resistornya?

    Maksudnya resistor dirangkaian dimmernya atau bgmn sih? Lampu atau fan ac terbukti bs dikurangi cahaya/speednya, kl elemen pemanas blm prnh cb. Bukankah sdh sy katakan bahwa yg namanya heater itu kl tdk punya sensornya (sbg pembatas panas) akan terus menerus naik, krn supply listriknya terus menerus; wlwpn pk dimmer! Sama seperti isi bak air, kl krannya atau pelampungnya atau mesin airnya tdk ditutup/diskonek dr pln pasti luber airnya. Dimmer bukan pembatas panas tapi pengatur arus!

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 26/09/2011 @ 12:56

  20. trimakasih banyak atas penjelasannya,danmudah2an tidak membosankan mengamalkan ilmu itu pahala dan merupakan sodakoh,dan bila ilmu itu selama digunakanoleh tentunya pahalanya akan mengalir jadi jangan bosan 2 menjawab he……,sekalian nanya lagi tahanan yang ada di bagian dimer dikaki grid yng diseri ama diac dan variabel resistor soka kebakar,kalau engga resistornya tentunya variabelnya,gimana cara menyiasatinya.resistor yang saya pergunakan 1/2w-3w sehubungan kalau yang wattnya besar harganya lumayan?

    Amiin.
    Ah masa sih mutung? Sy pakai 10K 1/2w adem ayem sj. Dia tdk diseri lho dg diac, perhatikan lagi deh gambarnya. Salah kaki kali? Atau salah input ACnya.

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 24/09/2011 @ 16:51

  21. yang sayapakai sensornya ntc dan yang satunya pakai dioda tapi sama keduanya,NTC 100k ,50k dan yang 5k sama cumabedanya tahanan yang diseri kegron.begitu pula halnya dengan menggunakan dioda.sementara yang saya rakit tidak paka resistor histeri karena saya cari2 vr dipasaran nilai yang paling besar hanya 100k.males cari kepasar yang jauh,paling ada nyabutin di tv he…he….

    Diseri sj resistornya kl susah dapat vr. Atau dg potensiometer sama sj. Justru disitu yg menentukan histeresisnya.

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 24/09/2011 @ 15:47

  22. mas maunanya ni? .untukmengatasi sensoryangrengnya tidakterlalu jauh.misal pashidupdisuhu 36.5 dan mati disuhu 38,sehubungan punyasaya pas matidisuhu 38 hidup lagi disuhu 34.draipernya pakai lm 741,trus dicoba ditambah transistor.sama hasilnya?

    Sensornya mekanik atau ntc (thermistor)? Jika untuk ‘range’ antara hidup-mati nya maka ganti R 1M dg VR 1M. Semakin kecil nilai ohmnya maka semakin lama relay on, akibatnya semakin rendah suhu untuk off. Demikian jk sebaliknya.

    Comment by Muhamad Nurhamzah — 24/09/2011 @ 13:09

  23. asalamualaikum mas, untuk gambar 2 rangkaian timer, output 1 dari kaki No 3 di IC timer 1 itu arahnya kemana mas, trus apa kegunaan tombol reset mas, apa setiap 1 kali bekerja perlu di tekan untuk meng on kan kembali? mohon pencerahannya..

    Karena sbg monitor bahwa timer sdg bekerja maka cukup ke led (warna merah atau kuning; tambah resistor 1k sblm ke led krn ouputnya 12v atau sesuai adaptor yg dipakai). Led itu akan mati jika tlh tiba waktu yg telah ditentukan. Misal diset u/ per 6jam sekali menghidupkan relay, begitu sdh 6jam led akan mati dan relay hidup. Lamanya relay hidup ditentukan oleh POT 1M. Begitu relay mati maka otomatis led ouput 3 hidup lg hingg 6 jam kemudian. Demikian seterusnya secara otomatis.
    Reset hanya untuk mematikan sementara output kaki 3 (timernya); dg kata lain utk mengatur brp lama hdp-matinya relay yg terhubung ke motor. Yang artinya sama dg berapa lama motor hidup agar sesuai keinginan.
    Semoga cukup jelas.

    Comment by irawan Saputra — 20/09/2011 @ 12:58

  24. Saya pengangguran dan mgkn bisa usaha kecil2an. Mas, harga box nya brp ya? Apakah itu lengkap dgn termostat, dimmer, pngatur membalikkan telur dan fan? Trimakasi mas

    Maaf tdk membuat inkub, hanya alat elektroniknya sj. Cek email anda.

    Comment by Eko — 10/09/2011 @ 17:23

  25. bro…untuk mesin yang otomatis2 apakah dah jadi …? ditunggu kabarnya…makasieh….

    Komponen elektroniknya belum dirakit. Jika berminat via sms saja agar lbh cpt ditanggapi.
    Salam.

    Comment by R-man — 24/08/2011 @ 06:59


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: