Tonytaufik Punya Kreasi

Membuat Pembangkit Listrik Dengan Sepeda

image002 image003

http://www.mattshaver.com/bikegen/index.htm

image008 http://www.angelfire.com/80s/sixmhz/bikegenerator.html

image0051

http://www.scienceshareware.com/bike-generator-using-a-car-alternator.htm

http://www.instructables.com/id/Bicyle-Power-for-Your-Television%2c-Laptop%2c-or-Cell-/Bicyle-Power-for-Your-Television%2c-Laptop%2c-or-Cell-.pdf

angelfire1 angelfire22 angelfire31

http://www.angelfire.com/oh/PetesCafe/ebike.html

instrctble2 instructble1

http://www.instructables.com/id/Bike-Generator/?download=pdf

.

Sekilas tentang alternator.

   

   

.

Kesulitan mencari referensi? Silakan cari dan unduh disini.

.

15 Comments »

  1. itu kayak iklan yang di tivi itu ya?
    ternyata bisa dibuat sendiri, amntap tuh dan perlu dicoba , disimpen dulu dan dipake kalo pas PLN ngadat, hueeee

    Comment by Rahmat — 01/03/2014 @ 21:52

  2. kira-kira biya-ya untuk rancang bangun PLTS ini dia memakan anggaran brapa

    Comment by gemasultra — 19/11/2013 @ 12:15

  3. saya mau tanya dinamo apa yg bisa dipasangkan ke sepeda dan bgmna cara merakitnya agar bisa terpasang dgn benar dn sempurna…tolong balas ke email sy di bobyzulhiantok@yahoo.co.id terima kasih.

    Klik link dibawah gambar.

    Comment by bobby — 28/11/2012 @ 12:34

  4. pak ?mesin/dinamo apa yg cocok untuk sepeda,dan bisa pake aki yg kecil/aki motor
    .tolong kasih saran.?

    Dinamo sepeda motor (magnet+stator/spulnya) atau dinamo amper mobil (alternator), kl tdk mau repot.

    Comment by sahram — 07/11/2012 @ 08:06

  5. ha ha ha ha ha ane pikir sesakti itukah si bapa ini kemana mana pake telunjuk suksessss selalu!!!!!

    Comment by mulyadi — 04/10/2012 @ 22:28

  6. Alhamdulillah, saya senang sekali ada forum spt ini mari kita kembangkan energi terbarukan . saya mencoba dengan energi terbarukan dengan solar motor ( solar cell ) yang dapat berputar jadi lebih efisien mungkin kalau kita bisa lihat di youtube mendocino solar motor.

    Comment by sugeng — 22/09/2012 @ 17:00

  7. pak kalau boleh tau punya sangar atau galeri tempat ngumpul ngak
    sy juga tinggal di bogor

    Sanggar/galeri? Tidak punya. Kalau sekadar tukar pikiran silakan saja.

    Comment by wahyudi isbiantoro — 13/09/2012 @ 23:09

  8. salam kenal P. Taufik
    maaf sebelumnya kl saya lancang… Saya copas blog bpak di group fb saya… Saya hanya ingin berbagi dgn temen2 saya… Trimakasih

    Silakan.

    Comment by bayuandikablog — 30/08/2012 @ 22:21

  9. mas mau tanya alternatif untuk motor BLDC, apakah bisa dibuat dari motor starter ??
    jika tidak bisa bagaimana caranya mengendalikan kecepatan motor starter dengan uC ??
    trims mas

    Comment by purnomo abdurahman — 22/06/2012 @ 00:23

  10. saya minta di ajari cara membuat saklar otomatis utk menghidupkan dan mematikan lampu listrik di rumah yg di atur dgn jam, tks

    Lebih baik pakai sensor cahaya (terang mati gelap hidup), mudah. Tanyakan ditoko alat elektronik/listrik, mungkin sekitar 50-60rb.

    Comment by sahat — 30/04/2012 @ 08:11

  11. Salam,
    Saya Eri Hendrawan. Saya sangat tertarik dengan energi terbarukan.
    mohon bantuannya agar saya bisa membuat sebuah pembangkit listrik tenaga angin yang sangat sederhana.
    Namun pendidikan saya (Akuntansi) sangat jauh dari dunia elektronika atau teknik sangat menghambat saya,
    saya ingin sekali memperoleh buku panduan yang sistematis dari sejak langkah awal samapai dengan akhir pembuatan pembangkit listrik tenaga angin sederhana.
    Tolong bantu saya Pak Tony.

    Terima Kasih.

    Klik link2 yg ada dbwh gmbr atau link referensi berbagi files diakhir artikel.

    Comment by eri hendrawan — 01/03/2012 @ 13:51

  12. klo tenaga kayuhan diganti dengan dinamo yg listriknya dr accu yg diisi oleh alat itu kira-kira bs ga ya?

    Sebandingkah pemakaian dg pemasukan?

    Comment by ramadi — 17/12/2011 @ 19:52

  13. Salam,
    saya lagi butuh generator untuk dipasangkan pada prototype turbin saya. masalahnya adalah saya nggak punya referensi tentang type generator yg tersedia, bisa bantu nggak???,
    trims

    @ Faishol,
    coba anda ke situs2 dibawah ini:
    http://www.otherpower.com/otherpower_wind_tips.html#gen
    http://www.otherpower.com/otherpower_wind_alternators.html
    http://abrij.org/~bri/hw/index2.html

    Salam.

    Comment by Faishol — 20/04/2009 @ 14:38

  14. minta step by stepnya dlm bhs indonesia secara rinci.klw tdk blh minta bantuan memasangnya tdk?aku sangat tertarik.

    @ ayep s,
    bukankah dari gambar2 yg ada di situsnya masing2 sudah cukup jelas? Ada sepeda, dudukan sepeda, alternator mobil/generator DC + dudukannya, v belt, ampermeter, voltmeter. Atau gunakan translatornya google.
    Yg pertama anda lakukan adalah posisikan alternator/generator DC dibelakang roda. Itu saja dulu. Bila sudah terlaksana tinggal dipikirkan bagaimana memutarnya; apakah pulley alternator/generator DCnya langsung dg v belt ke velg, atau pulleynya diganti dg bantalan karet bulat sehingga dapat langsung diputar dg roda sepedanya, atau pakai gir + rantai. Silahkan berexperimen, mudah2an saya dpt membantu, walaupun hanya sekadar saran. Energinya tentu saja dpt disimpan di accu, kalau mau. Tapi jika anda menggunakan generator AC, saya khawatir kaki anda akan sakit dan jantung anda akan menderita karena harus dikayuh kencang2, karena harus 3000 rpm, selama kebutuhan listrik masih anda perlukan! Sudah cape2, eh arus ACnya tidak bisa disimpan, apa tidak mubasir buang tenaga sia2?
    Saya sendiri juga sedang merancang, cuma karena penasaran, alternatornya saya lucuti/bongkar dulu. Tujuannya hanya ingin tahu saja apa sih yg ada dijeroannya alternator, sekalian dibersihkan. Saya berencana menggunakan alternator mobil (35A ex civic 76) dg regulator elektromekanikal (model lama, model kini menggunakan sistem regulator elektronik), yg harga barunya +/- 75rb, tapi saya pakai yg bekas. Regulator ini mudah untuk disetel agar pd putaran lambat sdh dpt mengisi accu (pengalaman dahulu, sewaktu masih punya mobil. Sekarang saya cukup menggunakan telunjuk sakti, langsung bisa kemana-mana). Bila sudah berhasil pasti akan saya posting.
    Salam.

    Comment by ayep saiful — 17/03/2009 @ 15:41

  15. sangat bagus tapi apakah energi listriknya dapat disimpan tidak?

    Comment by ayep saiful — 17/03/2009 @ 15:26


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: