Tonytaufik Punya Kreasi

Membuat Mesin nonBBM Sederhana

INTERNAL COMBUSTION ENGINES


ani.intrnl4stroke 2stroke1 ani.intrldiesel1

ani.intrnl-tfan ani.intrnl-tjet ani.intrnl-tprop

http://www.animatedengines.com/index.shtml

STEAM ENGINES


ani.steamco2 ani.steam-grasshopper

ani.steam-loco ani.steamoscilate

ani.steam-watt

http://www.animatedengines.com/index.shtml

mdl-stm-engine

http://http//www.john-tom.com/MyPlans/SteamPlans2/HowToArticles/How%20To%20Make%20A%20Model%20Steam%20Engine.pdf

modelsteamturbinedesign modelsteamturbinedesign1 modelsteamturbinedesign2 modelsteamturbinedesign3

http://www.john-tom.com/MyPlans/Steam%20Engines/Oct08update/SteamTurbine/ModelSteamTurbineDesign.pdf

modelsteam-waterpump modelsteam-waterpump1 modelsteam-waterpump2 modelsteam-waterpump3

http://www.john-tom.com/MyPlans/Steam%20Engines/Oct08update/SteamPump/ModelWater-SteamPump.pdf

npmccabe.3sistersa1 npmccabe.steam3siste1 npmccabe.steam45_ezee 

http://npmccabe.tripod.com/steam.htm

steam.turbine-engine1 steam.turbine-engine2

http://www.john-tom.com/MyPlans/SteamPlans2/HowToArticles/How%20to%20Make%20a%20Turbine%20Engine.pdf

steamsimple-reciprocating steamsimple-reciprocating1

http://www.john-tom.com/MiscrPlans/SimpleReciprocatingEngine/SimpleReciprocatingEngine.pdf


steamtoy steamtoy--valvemotion

http://www.john-tom.com/MyPlans/SteamPlans2/HowToArticles/How%20to%20Make%20a%20Toy%20Steam%20Engine.pdf

.

STIRLING ENGINES

Mesin Stirling adalah suatu alat yang mengubah enerji panas menjadi tenaga mekanikal secara bergantian antara pemadatan (kompresi) dan pemuaian dari jumlah udara yang tetap atau bentuk gas yang lain (umumnya udara, hidrogen atau helium, disebut working fluid = banyaknya gas yang tetap jumlahnya) pada temperatur yang berbeda.
Pada pengoperasian normal, mesin ini tertutup rapat dan tidak ada gas yang masuk atau keluar dari mesin. Tidak memerlukan klep/katup, tidak seperti tipe mesin2 piston lainnya.
Mesin Stirling, sebagaimana kebanyakan mesin pemanas (heat engine), siklusnya melalui empat proses: pendinginan, pemadatan, pemansan dan pemuaian. Ini dapat dipenuhi dengan memindahkan gas bolak-balik antara alat perubah panas dan dingin. Perubah panas selalu kontak dengan sumber panas eksternal, misal pembakar dengan minyak bakar, dan perubah panas menjadi dingin selalu kontak dengan penahan panas (heatsink) eksternal, misal sirip2 udara. Perubahan suhu gas akan mengakibatkan perubahan secara bersamaan pada tekanan gas, sementara gerakan piston menyebabkan gas memuai dan menjadi padat tertekan secara bergantian.
Mesin Stirling tercatat mempunyai tingkat efisiensi yang tinggi, pengoperasiannya yang tenang (tidak berisik) dan mudah, yang mana dapat memanfaatkan panas yang terbuang.
Mesin Stirling adalah mesin pemanas dengan piston “closed-cycle” (siklus-tertutup). Istilah “closed-cycle” berarti bahwa gas yang bekerja secara permanen itu tetap berada didalam silinder, tidak seperti “open-cycle” (siklus terbuka) pada mesin dengan pembakaran didalam dan beberapa mesin2 uap, yang mengeluarkan working-fluid (banyaknya gas yang tetap jumlahnya) ke atmosfir.
Secara tradisional mesin Stirling diklasifikasikan sebagai mesin dengan pembakaran diluar (external), walaupun pada kenyataannya panas dapat saja disediakan oleh sumber non-pembakar seperti matahari dan tenaga nuklir. Mesin Stirling bekerja dengan penggunaan sumber panas eksternal dan penahan panas eksternal (heatsink), masing2 mempertahankan tingkat suhu yang terbatas, dan mempunyai perbedaan suhu yang cukup besar diantara keduanya.

Mesin Stirling ini cukup menggunakan sumber panas, seperti api rokok, lilin, lampu teplok/minyak, kompor, hingga sinar matahari, agar dapat bergerak. Bahkan cukup dengan panas dari telapak tangan atau perbedaan suhu ruangan, tentu dalam bentuk mini, sudah dapat bergerak.

ani.strlngbeta-wiki ani.strlng-wiki

http://en.wikipedia.org/wiki/Stirling_engine

ani.strlngltd ani.strlng-ross

ani.strlngsinglecyl ani.strlng-v

http://www.animatedengines.com/index.shtml

stirling1 stirling1-1

http://www.geocities.com/therecentpast/

stirlingbekkaome stirlingbekkaome (1) stirlingbekkaome (2) stirlingbekkaome (3) stirlingbekkaome (4)

http://www.bekkoame.ne.jp/%7Ekhirata/english/make.htm

strlng.hot-air-engine strlng.hot-air-engine2

http://www.john-tom.com/MyPlans/Steam%20Engines/Oct08update/HotAirEngine/Hot-AirEngine.pdf

strlng.sfa

http://www.physics.sfasu.edu/astro/courses/egr112/StirlingEngine/stirling.html

strlngltds-steamengine.ua 

http://www.steamengine.com.au/stirling/models/livesteam/index.html

strlngvita.crankdrive strlngvita.duplex strlngvita.freecycle strlngvita.freepistonalternator strlngvita.simplefreepiston

http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/VITAHTML/SUBLEV/EN1/STIRLING.HTM

.

Banyak model:
http://www.boydhouse.com/stirling/

TESLA TURBIN

Sekitar tahun 1900 Nikola Tesla, pencipta dari motor AC (arus bolak-balik), mengembangkan semacam turbin uap yang berbeda. Alat itu tidak punya sudu-sudu (daun kipas) atau mangkuk-mangkuk tetapi hanya kepingan2 bulat (disk) yang licin rata yang ditempatkan sangat dekat saling berhadapan di batang rotor. Uap masuk menurut garis singgung melalui suatu lubang-semprot (nozzle) dan berputar secara spiral diantara disk, keluar melalui lubang dekat batang rotor. Gesekan antara uap dan sisi2 disk membuat rotor berputar.
Turbin tesla terdiri dari satu set kepingan2 bulat yang licin, dengan lubang2 semprot yang menyemprotkan aliran gas kebagian tepi dari disk. Gas-gas menarik/menyeret disk atas prinsip viskositas (kekentalan/kepadatan/kepekatan) dan kelekatan dari lapisan permukaan gas. Ketika gas melambat dan menambahkan tenaga kepada disk-disk, gas itu bergerak secara spiral kedalam titik pusat pembuangan.

Untuk menggerakkan turbinnya adalah menggunakan tekanan udara (pompa angin-kompresor-uap) atau tekanan air.

tesla.amazingcdtesla-instructables tesla.greenestturbine1 teslacdblender1-3 teslafromoldhd1

http://instructables.com/id/Build-an-Amazing-Tesla-CD-Turbine/
http://www.instructables.com/id/Turkey-Time-Tesla-CD-Turbine/
http://instructables.com/id/Eco_friendly_Tesla_CD_Turbine_Boost_Blender/
http://instructables.com/id/How_To_Make_A_Tesla_Turbine_Greenest_Turbine/
http://instructables.com/id/Tesla-Turbine-from-old-hard-drives-and-minimal-too/
http://www.instructables.com/id/Tesla-CD-Turbine-With-Scary-Steampunk-Laser-Pumpki/

.

VAN De GRAAFF GENERATOR

Generator van de graaff adalah mesin elektrostatis yang menggunakan sabuk yang bergerak untuk menghimpun tegangan-tegangan sangat tinggi di sebuah bola bumi (kubah) berongga yang terbuat dari logam.
Sebuah motor memutar sabuk karet, menyeretnya melewati sepotong metal. Gesekan itu menarik muatan (charge) ke sabuk, yang kemudian menyimpan muatan tsb ke kubah metal. Setelah beberapa saat kubah mengumpulkan sejumlah besar muatan positif pada permukaannya.
Jika suatu batang berkonduksi yang ditancapkan ke tanah didekatkan ke kubah, muatan yang ada di kubah menginduksi muatan itu ke batang tsb. Muatan yang ada di kubah dan muatan yang ada di batang akan saling tarik satu dengan yang lain. Tarik menarik ini menyebabkan elektron bermuatan negatif yang ada di batang pindah (bergerak), melalui udara, ke kubah. Begitu listrik bergerak pindah di udara, ia keluar ke molekul2 udara, menyebabkan semburan cahaya. Ini terlihat sebagai bunga api yang berjalan antara batang dan kubah.

Cara pertama:
Pernah membayangkan bagaimana caranya membuat listrik statis? Menyisir rambut, menggosok balon, dll. semuanya adalah cara sederhana untuk menghasilkan liktrik statis.
Anda mungkin pernah pada suatu waktu menggosok balon di rambut, lalu membuat balon menempel di tembok. Generator van de graaff menggunakan cara ini dan tambahan dua cara yang lain untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk membuat suatu bunga api.
Ketika balon menyentuh rambut, molekul2 karet itu berhubungan dengan molekul2 rambut. Ketika keduanya saling berhubungan, molekul2 karet menarik elektron-elektron dari molekul2 rambut. Lalu anda jauhkan balon itu dari rambut, maka sebagian dari elektron itu tetap tinggal di balon, menjadikannya muatan negatif.
Elektron-elektron yang tersisa di balon menolak elektron-elektron yang ada di tembok, mendorong mereka menjauhkan diri dari permukaan. Permukaan tembok meninggalkan muatan positif, karena ada lebih sedikit elektron-elektron dibanding ketika netral. Tembok yang positif menarik balon yang negatif dengan daya yang cukup untuk membuatnya tetap menempel di tembok.

Cara kedua:
Muatan triboeletrik adalah sebutan cara pertama. Cara kedua melibatkan sikat kawat. Ketika suatu benda dari logam didekatkan ke suatu benda yang bermuatan, sesuatu yang sungguh menarik terjadi. Benda yang bermuatan menyebabkan elektron-elektron di dalam logam itu untuk bergerak. Jika benda itu memuat negatif, ia akan mendorong elektron-elektron menjauh. Jika itu muatan positif, ia menarik elektron-elektron kearahnya. Semua elektron-elektron bermuatan negatif. Karena seperti muatan saling menolak, dan elektron-elektron semuanya adalah bermuatan yang sama, elektron-elektron akan selalu mencoba untuk saling menjauh dari elektron-elektron lainnya sejauh mungkin.
Jika benda logam mempunyai suatu ujung yang tajam, elektron-elektron diujung itu akan didorong oleh semua elektron-elektron yang lain dari benda itu. Maka di suatu titik, ada banyak elektron-elektron mendorong dari logam, tetapi tidak ada elektron-elektron yang mendorong dari udara.
Jika ada elektron-elektron tambahan yang cukup di logam, mereka dapat mendorong beberapa elektron keluar dari ujungnya dan ke udara. Elektron-elektron mendarat di molekul-molekul udara, membuat mereka bermuatan negatif. Udara yang bermuatan negatif ditolak dari logam yang bermuatan negatif, dan angin kecil dari udara yang bermuatan meniupkannya dari logam. Ini disebut “lucutan korona” (discharge corona), karena cahaya redup yang menyembur kelihatan seperti suatu mahkota.
Hal yang sama terjadi kebalikkannya jika logam mempunyai terlalu sedikit elektron-elektron (jika itu adalah bermuatan positif). Pada titik itu, semua muatan positif di dalam logam menarik semua elektron dari titik itu, meninggalkannya menjadi bermuatan tinggi. Molekul-molekul udara yang menghantam titik logam kehilangan elektron-elektronnya akibat kuatnya dorongan dari ujung titik positif yang tajam. Molekul-molekul udara kini menjadi positif, dan ditolak dari logam yang positif.

Cara ketiga:
semua elektron mempunyai muatan yang sama, dengan demikian mereka semua mencoba untuk saling menjauh satu sama lain sejauh mungkin. Cara ketiga ini menggunakan kaleng bekas minuman soda untuk dapat mengambil keuntungan dari fitur ini dari elektron-elektron dengan cara yang menarik. Jika kita memberi kaleng soda itu muatan elektron, mereka semua akan berusaha untuk menjauh satu sama lain sejauh mungkin. Ini mempunyai pengaruh membuat semua elektron berkumpul pada bagian luar kaleng. Setiap elektron di bagian dalam kaleng akan merasakan dorongan dari semua elektron yang lain, dan akan bergerak. Tetapi elektron-elektron yang diluar, merasakan dorongan dari kaleng, tetapi mereka tidak merasakan setiap dorongan dari udara di sekitar kaleng itu, yang memang tidak bermuatan. Ini berarti bahwa kita dapat menaruh elektron-elektron di bagian dalam kaleng itu, dan mereka akan ditarik kebagian luar. Kita tetap dapat menambahkan banyak elektron-elektron sesuka kita pada bagian dalam kaleng itu, dan mereka akan selalu ditarik kebagian luar.

vdgfromjunk vdgfromjunk1

http://www.instructables.com/id/Van-de-Graaff-Generator-made-from-junk/

vdgscitoy.1 vdgscitoy.2 vdgscitoy.drawing 

http://scitoys.com/scitoys/scitoys/electro/electro6.html

vdgsingnet.materials vdgsingnet.put-together 

http://web.singnet.com.sg/%7Esengam/index.htm

Motor Tenaga Air

watermotor watermotor1 watermotor2 watermotor3

http://www.john-tom.com/MyPlans/Steam%20Engines/Oct08update/WaterMotor/WaterMotor.pdf

.

Tentang generator magnet permanen silakan unduh disini .

2 Comments

  1. Apakan tersedia mesin genset yang tenaganya bisa digerakkan tenaga biogas dari kotoran sapi? Kalau ada saya tertarik untuk membelinya

    Saya kurang tahu, tapi coba saja search di indonetwork.
    Cara kerja sederhananya adalah gas dipakai untuk membakar, lalu panas atau tekanan uapnya dimanfaatkan untuk memutar turbin. Dan akhirnya turbin menggerakkan generator. Mungkin ada cara kerja yang lebih canggih, saya tidak (dan belum) tahu.
    Salam

    Comment by Anton Maksum — 08/07/2009 @ 09:14

  2. Mas,apakah anda tahu bagaimana cara membuat generator van de graff?Kalau tahu tolong dikirimkan ke nugrohosetyoagung@yahoo.co.id.Salam eksperimen.

    Baru sekedar tahu tapi belum pernah mencoba membuatnya. Belum ada waktu.
    Lho diatas kan sudah ada beberapa situsnya?
    Salam.

    Comment by Agung — 06/06/2009 @ 05:25


RSS feed for comments on this post.

Sorry, the comment form is closed at this time.

The Shocking Blue Green Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: