Tonytaufik Punya Kreasi

Kincir Air

Model 1.

Bahan-bahan:

Besi plat (tebal 0.9-1 mm) uk 19×19 cm.

2 bilah papan panjang 22 cm lebar (umumnya)19.5 cm.

50 cm pipa pralon 2 in.

2 bh. bearing no 608ZZ.

1 btg. baut 4 mm (panjangnya 1 m) + 12 mur.

1 btg. baut 6 mm (panjangnya 1 m) +10 mur: sebagai as.

Mata bor kipas 10 mm dan 21 mm. Mata bor besi 4 mm, 6 mm dan 8 mm (atau beli yg satu set, lebih murah).

Sedikit seng aluminium tipis.

½ kg resin dan 1ons katalis fiberglas.

Cara membuat turbinnya:

-Bentuklah besi plat menjadi bulat (atau oktagon bila sulit), bagi menjadi 20 sudut. Dari titik tengah ukur 5 cm, tandai di tiap 90 derajat lalu bor dengan mata bor 6 mm. Bor titik tengah dengan mata bor 8 mm.

-Potong baut batangan 4 mm (kunci 10) menjadi 4 bh. Potong pula baut batangan 6 mm (kunci 12) sepanjang 40 cm.

-Bagi pipa pralon menjadi 4 bagian memanjang. Caranya: lingkarkan kertas hvs sesuai ukuran pipa, maka dari kertas itu bagilah menjadi 4. Kemudian lingkarkan kembali dan tandai sepanjang pipa. Potong pipa 10 cm sehingga menjadi 5 batang, baru potong tiap-tiap batang menjadi 4, sehingga berjumlah 20 bh.

-Pasang baut 4 mm tsb, mur luar-dalam pada tiap lubang. Ukur agar tiap baut sama tinggi. Pada bagian depannya jangan dulu dikeraskan, tujuannya agar pada waktu memasang potongan pralon mudah.

-Pasang baut 6 mm, bagian belakang keluar 5 cm, sisanya kedepan; mur luar-dalam.

-Pasanglah pralon-pralon menurut gambar, dengan pola per 4 pralon, sehingga akan terdapat 4 rongga sebagai ruang untuk memasukkan resin kebagian dalam. Setelah rata, baru kencangkan mur2 nya.

-Campur ¼ gelas (plastik bekas) resin + 2 tetes katalis, aduk cepat. Bila kurang, boleh ditambah.

-Dengan kuas kecil, ulas resin ke dasar semua pralon2 luar-dalam, sekedar supaya tidak terlepas saja, tapi hanya pada salah satu plat dulu (jgn sampai mengenai baut dan mur). Biarkan sampai kering. Usahakan mengulas dengan cepat, karena resin mudah sekali mengental, apalagi bila katalis terlalu banyak.

-Setelah kering, ulangi langkah diatas pada plat yg lain. Kali ini ulasan resin lebih tebal dan lebih lebar kedalam (kecuali bagian pralon2 yg belum terpasang).

-Bila semua pralon sudah terpasang, terlapis dan kering, lepaskan keempat baut 4 mm dari plat. Guntinglah seng aluminium sepanjang diameter baut 6 mm, lebarnya setebal bearing. Lingkarkan kebaut, masukkan bearingnya, pres dengan mur sampai mentok. Berlaku untuk kedua bearing. Tujuannya agar bearing menjadi ketat menempel pada baut (as).

Cara membuat rumahnya:

-Potong papan menjadi 2 bagian yang sama (@ 19.5 x 22 cm). Tentukan titik tengahnya, lalu bagi 4. Tentukan 1 cm dari tiap2 pojok sebagai guide agar kedua papan simetris. Satukan kedua papan, bor titik2 pojok dengan mata bor 6 mm. Bor titik tengah dengan mata bor 4 mm. Pisahkan papan. Bor titik tengah masing2 papan dengan bor kipas 21 mm, dalam 5 mm (sesuai dg diameter & tebal bearing). Setelah itu bor kembali titik tengah dengan bor kipas 10 mm. Mata2 bor kipas harganya lebih murah dibandingkan mata bor biasa.

Gabungkanlah semuanya. Gunakan baut batangan 4 mm ex turbin sbg guidance. Usahakan agar turbin dapat berputar bebas.

Untuk tutupnya bisa dipergunakanfiber meteran, seng atau plat aluminium.

Model 2.

Bahan-bahan:

Besi plat uk.

Seng plat uk.

2 bh. pillow bearing ¾ in.

1 bt baut ¾ in (panjang 1 m) + 10 mur.

1 bt baut 4 mm + 12 mur.

Model 3:

Bahan-bahan:

1 bh. Velg plastik sepeda anak.

Besi plat uk

20 bh sendok makan biasa.

1 bt baut 6mm + 10 mur.

Hydropower:

banki-turbine banki-turbine1

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Overshot:

overshot overshot-1 overshot-2 overshot-3 overshot-4

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM

Undershot:

wwwgreen-trustorghtm

http://www.green-trust.org/hydro.htm

wwwbuilditsolarcom wwwbuilditsolarcom1

http://www.builditsolar.com/Projects/Hydro/UnderShot/I%20really%20miss%20the%20old%20days.pdf

Basic Waterwheel Engineering

overshot1 undershot pelton

http://permaculturewest.org.au/ipc6/ch08/shannon/index.html

Situs-situs

http://www.cd3wd.com/cd3wd_40/CD3WD/INDEX.HTM : banyak sekali pdf yg dapat diunduh, dan gratis.

http://www.buildsolar.com/Projects/Hydro/hydro.htm#SmallHydro
http://wondermagnet.com/other/hydro.html
http://wondermagnet.com/other/hydro.html
http://www.reuk.co.uk/Building-a-Waterwheel.htm
http://otherpower.com/otherpower_hydro.html
http://www.energyplanet.info/Micro_Hydro/
http://home.carolina.rr.com/microhydro/menu.html
http://www.wildwaterpower.com/
http://www.earthgarden.com.au/waterwheel.html
http://hometown.aol.com/slee529282/bturb.htm
http://www.informit.com/articles/articles.aspx?p=413663

.

Kesulitan mencari bahan referensi? Silakan cari dan unduh disini. Termasuk dokumentasi berbentuk video (3gp).

29 Comments »

  1. pak,mau tnya.. saya mau bikin kincir air di sungai.. klau pke dinamo genset bisa dinamonya di rombak jadi outputnya menjadi 12 volt 10 ampere seperti listrik di sepeda motor

    Comment by ijol bortrem — 17/04/2014 @ 09:17

  2. Sorry mas nanya lg ne mhn petujuk berikan foto2 dokumen at video terkait yang menjelaskan langnkah2 merakit kincir air.sukron

    Comment by Imanuel ali sofyan — 29/03/2014 @ 09:02

  3. Mas… Sy org NTT di kepulauan Alor di daerah kelahiran sy jauh dari ibukota kabupaten yg boleh di bilang daerah sangat terpencil, terutama transportasi dan penerangan jd niat saya ingin membantu masyarakat dengn memaksimalkan penggunaan sumber daya alam yaitu air terjun alami yg tingginya mencapai 5 meter, nah yg ingin saya tanyakan adlah bagaimana cara membuat kincir air tersebut dan brp ukuran diameter yg di bthkan utk menghasi daya sbsr 1Kw

    Comment by Imanuel ali sofyan — 29/03/2014 @ 08:56

  4. Mas saya ada perkerjaan tugas sklh kl misalnya bikin dr triplek gmn ya soalnya kincir airnya yg miniatur tetapi harus bisa jln

    Triplex, cddisk, karton, dll, bisa saja.

    Comment by iyan — 21/02/2014 @ 18:20

  5. Thanks Infonya…….

    Comment by Yulianto — 07/02/2014 @ 18:54

  6. makasih ilmunya,klo buat kincirnya didalam ruangan tertutup atau berbentuk tabung, apa juga bisa menghasilkan listrik dan berapa besar debit yang harus dialirkan

    Comment by yusri — 25/10/2013 @ 10:44

  7. pak tony.sy mau tanya.pak tony bilang bahwa semua cara krja wind turbin itu pada dasarnya sama.yaitu dari generator mengisi accu…saya gak bisa bayangkan sebesar apa accu yg bisa menigrim listrik ke beberapa rumah2?

    @
    Bayangkan anda sdg menonton sepak bola di tv dlm bus akap. Tv perlu 220vac sedangkan bus cuma 24vdc . Terbayangkankah? Accu ada yg kap 100A, terbayangkah bila diparalell sekian accu?

    Comment by hazwan — 15/09/2013 @ 21:28

  8. Wah bagus untuk dipraktekkan.

    Comment by Kang Padiman — 20/08/2013 @ 19:36

  9. mas boleh minta No HP nya ya..
    biar bisa komunikasi lancar.
    ini no saya. 085241318312

    saya punya kincir air tapi selalu bermasalah.
    mohon dibantu ya..

    Comment by akramamhik — 12/08/2013 @ 09:01

  10. maap pak om !
    Kira2 bs gag ya klo msin pomp air rumahan itu jk dijadikan penghasil listrik. cma prosesnya dibalik. mohon ilmuna dibagi om. TQ

    Comment by bakrun — 17/06/2013 @ 04:19

  11. Aslmlkm mas tony punten saya mau nanya !
    Kincir air bisa ngga buat menggerakan water pump untuk irigasi tlng balas di email saya waryani32@gmail.com dan minta no tlpnya buat konsultasi

    Bisa saja dg tambahan mekanisme. Lihat About.

    Comment by waryani — 31/01/2013 @ 13:02

  12. thanks ea bg dh lma q pengen buat trobosan kayak gi ne …,
    d kampung halaman q susah energi listrik,..thanks,,.
    by;birink cynk.

    Comment by Birink Cayank Breka — 16/10/2012 @ 11:10

  13. Bisa nggak kalau pake kolam nggak pake sungai kalau bisa gimana caranya tolong kirim ke email ku

    Air kolam naikkan k wadah br turun u memutar kincir. Yg jd soal adlh dg apa menaikkan airny? Pk pompa tangan? Atw pompa listrik sama sj bohong bukan? Atw model kincir yg dg mekanisme trtnt dpt menaikkan air? Silakan berkreasi.

    Comment by Priyanto — 29/09/2012 @ 19:52

  14. buat para kru tanpa terkecuali memohon bantuannya saya atas nama hendra alamat jln tinumbu makssar berniat ingin membuat sebuah kincir air di kampuang saya krn slama ini blum teraliri listrik di saana mungkin saya punya kesempatan yg untk merubah sesuatu di kampung yg menujuh lebih baik mka dari itu kmi butuh tenaga baik berupa teori praktikum secara alami baik yang alhinya kmi minta bantuan dan kerja smanya …hub…08234666354

    Ada yang mau membantu, silakan.

    Comment by hendra — 24/09/2012 @ 11:10

  15. Trims atas ilmunya, saya tertarik dan mau beli? Dimana ya..trims kirim info sugiartoslamet14@yahoo.com

    Comment by slamet — 10/09/2012 @ 05:46

  16. mas infonya sangat membantu…. bisa minta kontak hp mas….?
    kl bisa tolong langsung kirim ke email ku: choirula51@gmail.com, sertakan nama turbin air agar saya bisa langsung tau.
    mohon bantuannya (al-fakir fi papua).
    trimakasih mas….

    Comment by choirul anwar — 02/09/2012 @ 15:32

  17. ada gak pak vidio cara pembuatan kincir airnya.
    jika ada itu lbih sagat sangat membantu bagi orang awam seprti kami yang ingi belajar membuat kincir air ataupun kincir angin.
    trims.

    Comment by purnomo aji — 12/08/2012 @ 23:36

  18. bagus mas ilmunya bermanfaat tapi saya belom ngerti untuk bagian paralonya di buat sebagai apa ya ? maklum saya masih awam. .lebih bagus lagi ada fotonya mas biar bisa di coba orang awam kaya saya. . saya udah baca berkali kali tapi belum kebayang. . .trimakasih mas

    Comment by herdimaz — 03/07/2012 @ 18:45

  19. Yth, Bpk Tony Taufik

    Setelah melihat dan membaca model dan teknik pembuatan kincir air yang Bapak buat, kami bermaksud untuk menghubungi Bapak secara personal.
    Di kampung kami ada program khusus bantuan masyarakat yang ingin membangun kincir air yakni di Pulau Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara.

    Sekiranya Bapak berkenan, saya mohon bantuannya untuk mengirim nomor Hp Bapak melalui email saya. Dengan demikian kita bisa mengkomunikasikan hal tersebut lebih lanjut. Karena dianggap sangat perlu dan amat penting maka kami sangat mengharapkan bantuan Bapak dan atas bantuannya kami sangat berterima kasih….

    Lihat halaman About.

    Comment by fb : Gebe Post — 04/06/2012 @ 09:26

  20. Mas tolong kirim persyaratan dan teknis kincir air untuk penggerak generator penghasil listrik trim

    Maaf tdk punya krn sy hny skdr hobby.

    Comment by erwin — 27/05/2012 @ 14:48

  21. trim’s ya infonya

    Comment by dhani — 14/05/2012 @ 09:51

  22. Bagaimana cara menaikkan kecepatan pada kincir air mas, kincir sya hbungkan dngan dinamo 3 kilo nmun tdak menghasilkn lstrik. Mhon bntuannxa mas.

    Gunakan multiplikasi putaran. Berapa diameter pulley-dinamo lipatgandakan. Bs dg vbelt pulley ke pulley, atau pk velg sepeda. Kl 1:1 sdh jls tdk akn ada output.

    Comment by Rahmat — 01/03/2012 @ 19:33

  23. makasi banyak mas, sangat membantu ilmunya, semoga makin banyak inovasi lainnya:)

    Comment by sylvi — 22/02/2012 @ 23:12

  24. Ilmu yang sangat bagus tu mas,klo bleh nanyak n, mas tony bra rpm yg di perlukan untuk menghasilkan dya 220,trus, apa mampu daya yg dihasilkan unttuk meng hidupkan kulkas,sanyo,dll at di perlukan alat pembantu(infenter) sementara kincir yg akan digunakan pelek speda motr ukuran 17.mohan masukan’y makasi,mas

    Pada umumnya (baca: kebanyakan orang) kincir angin hanya terbatas untuk mengisi batterai atau accu (12, 24, 48 vdc), pada 300-1000 rpm, bukan langsung menjadi 220vac. Karena bila 220vac maka putaran harus 5000rpm ,suatu hal yg tdk mungkin dicapai oleh kincor angin. Umumnya kincir mengisi batt, setelah penuh barulah dimanfaatkan. Bisa lgsg sesuai voltase batt atau via inverter agar menjadi 220vac.
    Umumnya kincir menggunakan generator magnet permanen karena bs lgsg menghasilkan listrik; beda dg generator elektromagnet yg hrs di’cas’ dl agar mnjd mgnt.

    Comment by Agung — 30/01/2012 @ 22:46

  25. kreatif itu bukan alternatif tapi sebuah inavasi yang inovatif,…..membuat yang pasif menjadi aktif….terima kasih atas ilmunya

    Comment by hartodang — 28/12/2011 @ 05:57

  26. Anda memberikan informasi bagus, saya berharap yang lain bisa contoh anda. Kalau bagi-bagi ilmu jangan tanggung-tanggung.

    Comment by Suharyono — 27/12/2011 @ 23:11

  27. makasih bang……
    info nya gw ampe 3 hari gak tidur*….
    kasian ma penduduk desa sebelah gak ada listrik

    Comment by heru deidara — 15/12/2011 @ 03:20

  28. duh. jadi nambah ilmu nih. terrrrimakasihhhh

    Comment by dudut pakar — 14/12/2011 @ 10:09

  29. [...] Membuat Kincir Air Kincir Air [...]

    Pingback by Membuat Kincir Air « Enyonk’s BaNgeTs — 03/03/2009 @ 11:17


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 57 other followers

%d bloggers like this: