Tonytaufik Punya Kreasi

Beberapa Cara membuat Generator

Perhatian:

Umumnya Generator Magnet Permanen hanya untuk mengisi baterai atau accu, bukan langsung ke beban, dengan demikian putarannya tidak perlu kencang (cukup 200-500 rpm).

.

Contoh generator dibawah ini semuanya menggunakan magnet permanen (PMG = Permanent Magnet Generator). Tujuannya adalah dengan putaran rendah sudah dapat menghasilkan listrik (200 s/d 500 rpm). Bila menggunakan generator induksi, maka putarannya antara 700 s/d 3000 rpm. Dengan putaran sedemikian tinggi, maka konstruksinya harus menggunakan jasa tukang bubut, atau menggunakan bahan dari onderdil mobil bekas.

Dinamo amper/alternator motor dan alternator mobil dapat juga dipakai sebagai pembangkit listrik untuk mengisi accu, tapi putarannya minimal 700 rpm. Butuh angin yang cukup kencang, atau butuh aliran air yang cukup deras. Kalau tokh angin maupun air tidak memadai, maka mau tidak mau harus menggunakan gearbox atau multiplikasi putaran. Bisa gir dengan gir, atau gir rantai, atau pulley dengan v belt.

A:

Gambar diatas: statornya yang berputar, sedangkan rotor diam. Sama seperti motor kipas radiator. Lebih rumit pembuatannya, karena memakai spul (brush). Contoh lain yang memakai spul adalah bor tangan listrik atau mesin potong keramik. Stator: gabungan koil (statis/diam ditempat); Rotor: gabungan magnet (yang berputar).

http://www.greeleynet.com/

B:

Dua gambar sebelah kiri: stator tersusun seperti yang ada di motor mesin cuci. Dua yang kanan adalah yang sederhana tapi 3 phasa.

http://www.windstuffnow.com

 C:

 

Gambar diatas: stator mengelilingi rumah rotor. Ini adalah generator yang paling sederhana. Hanya dengan 1 atau 2 magnet dan gulungan kawat email yang agak banyak (antara 1000 s/d 1500 gulung). Tentu saja hasilnya paling tinggi hanya 4 volt.

D:

Gambar diatas: rotor berada ditengah stator. Yang harus diperhatikan adalah posisi stator harus sedekat mungkin dengan magnet, tanpa bersentuhan (ada jarak minimal 1-2 mm). Tujuannya agar supaya medan magnet menjadi lebih kuat sehingga outputnya menjadi maksimal. Selengkapnya lihat dibawah.

E:

Gambar diatas: komposisi 4 magnet-4 koil hanya bisa menjadi koneksi 1 phasa, sedangkan komposisi 4 magnet-6 koil bisa menjadi koneksi 1 phasa atau 3 phasa.

Gambar diatas: rotor berada dibelakang stator (atau bisa juga didepan stator, karena penempatannya tidak mutlak, tergantung selera).

 

Formula menghitung keluaran koil ( hukum Faraday)

V = -N * change in (( tesla * area meters squared)/ seconds)

N = -1 * (-V/ change in (( tesla * area meters squared)/ seconds))

V: volt N: gulungan Tesla: kuat magnet

http://www.6pie.com/faradayslaw.php

.

Generator mini dari pralon dan triplex:

4- magnet (P:3 L:0.9 T:1.1 cm)

4- koil (kawat email .3mm 400gr)

2- dop pralon ½ in

1- 20cm baut 6mm + 6 mur + 2 ring

2- triplex 10mm uk 6 x 6 cm (atau sesuaikan dengan tebal dan lebar koil yang akan digulung nantinya), bor titik tengahnya

4- triplex 4mm uk 6 x 10 cm (atau sesuaikan dengan panjang rotor bila telah jadi).

Rotor ditempatkan pada gabungan 2 dop pralon ½ in sedemikian rupa sehingga cukup untuk 4 buah magnet mini. Magnet2 tidak dilem, karena sudah cukup kuat saling tarik menarik. Formasi magnet N-S-N-S. Gulungan koil antara 450-470, karena diambil dari bekas koil2 yg dahulu dibuat dg hitungan ingatan, lalu digulung ulang dg menggunakan penggulung koil ber “counter”.

Hubungan keempat koil adalah: 1B-3A, 2B-4A; 1A-2A; maka 3B dan 4B adalah outputnya. Ini hubungan 1 phasa. Dengan memakai daun kipas listrik bekas, pada waktu dites dengan kipas angin listrik, hasil maximumnya adalah 11 volt. Kalau menggunakan exhaust fan hasilnya 5.8 volt. Lumayan untuk sebuah minigen dari kayu.

Kalau ingin lebih besar lagi outputnya, maka gulungan harus diperbanyak, atau putaran lebih kencang, atau kombinasi dari keduanya.

.

Generator mini 3 phasa (4 magnet 6 koil):

Bahan untuk 3 phasa:

4- magnet (P:3 L:0.9 T:1.1 cm)

6- koil (kawat email 0.3mm 600gr)

1- pipa besi 1 in untuk dudukan magnet

1- 20 cm baut batang 6mm + 6 mur + 2 ring

2- triplex 10mm uk 10.6 x 10.6 cm (atau sesuaikan dengan tebal dan lebar koil yang akan digulung nantinya).

6- triplex 4mm uk 10.4 x 9 cm (atau sesuaikan dengan panjang rotor bila telah jadi).

Membuat stator:

Bentuk kedua triplex 10mm menjadi 6 sudut (buat lingkaran, lalu bagi menjadi 6), lalu bor titik tengahnya. Sudut2 itu harus sesuai dengan panjang koil. Sedangkan keenam triplex 4mm adalah sebagai dudukan koil2, yang direkatkan dengan sekrup kayu. Saya menggunakan lakban sebagai lemnya koil2, agar sewaktu-waktu dibongkar menjadi mudah. Maklumlah, sedang resesi.

Koil2nya merupakan koil bekas yang pernah dipakai untuk generator sebelumnya, jadi tidak lagi repot menggulung baru. Jumlah gulungannya sekitar 450 (kira-kira, karena pada waktu itu menggulung koil2nya masih menggunakan hitungan seingatnya, alias hapalan. Begitu ada yang mengajak bicara, buyar! Terpaksalah gulung ulang).

Membuat rotor:

Masih dengan magnet yang sama, tapi kali ini terpaksa menggunakan sepotong pipa besi diameter 1in sebagai dudukan rotornya. Tujuannya agar supaya jarak magnet dengan koil dapat sedekat mungkin sehingga hasilnya lebih maksimal. Formasi magnet masih tetap N-S-N-S. Keempat magnet dibungkus dengan resin supaya tidak pating seliweran bila diputar kencang. Pipa besi juga diisi resin lalu dibor supaya baut batangan 6mm dapat ditempatkan ditengah rotor, dan dikencangkan dengan mur ujung2nya.

Rumus 3 phasa: Koil = M/2 X 3

Misal jumlah magnet 2 bh (ini minimal ,karena harus ada 2 kutub. Bisa saja hanya dg 1 magnet, asal kutub2nya ada disisi luar berhadapan dg koil), maka jumlah koil 3 bh. Magnet 6 bh koil 9 buah, dst. Tetapi adakalanya jumlah magnet lebih banyak dari koil. Misalnya 4 magnet dg 3 koil. 8 Magnet dg 6 koil, dst. Mana yang terbaik, silahkan berexperimen sendiri. Yang pasti adalah semakin cepat magnet yang melintas, semakin stabil/tinggi voltnya.

Menggabungkan koil untuk menjadikannya 3 phasa:

A=awal (start, kawat yang ditengah/didalam) B=buntut (end, kawat yang paling luar).

Pada contoh generator ini, terdapat 6 buah koil. Akan terdapat 2 buah koil yang berada tepat ditengah 2 buah magnet yang berada pada satu garis lurus (lih gambar), yaitu 1 dan 4, maka keduanya dihubungkan secara seri (buntut-awal). Ini adalah phasa pertama. Kalau diputar (arah jarum jam) rotornya maka koil 2 dan 5 akan berada juga tepat ditengah 2 buah magnet (phasa kedua). Diputar lagi maka koil 3 dan 6 juga akan berada tepat ditengah 2 buah magnet (phasa ketiga).

Intinya: Tiap satu garis lurus hubungkan kedua koilnya secara seri, sehingga terdapat 3 pasang koil (searah jarum jam): 1B-4A, 2B-5A, 3B-6A. Maka 1A-4B= phasa pertama, 2A-5B= phasa kedua, 3A-6B= phasa ketiga. Masing2 phasa bisa diukur berapa muatan listriknya. Kalau jumlah gulungan koil2nya sama maka voltnya pasti juga sama bila rotor berputar stabil. Hasil voltasenya masih AC (arus bolak balik) sesuai dengan magnet2 yang melewatinya selalu berbeda kutub.

Konfigurasi Star

Pada koneksi Star, Awal dari tiap phasa dihubungkan menjadi satu. Buntut (akhir) dari tiap phasa dihubungkan ke masing2 bridge.

Star connection : 1A-2A-3A: gabungkan; 4B, 5B, 6B hubungkan ke masing2 bridge rectifier. Hasilnya s/d 16 VDC.

Konfigurasi Delta

Pada koneksi Delta, Awal dan Buntut masing2 phasa saling berhubungan. Buntut phasa pertama dengan Awal phasa kedua, Buntut phasa kedua dengan Awal phasa ketiga, dan Buntut phasa ketiga dengan Awal phasa pertama.

Delta connection: 1A-6B; 2A-4B; 3A-5B; hubungkan masing2 ke bridge rectifier. Hasil maksimalnya hanya 5V3 DC.

Jelas sudah perbedaan antara Star dan Delta. Kalau pada Star voltnya menjadi 3x lipat tetapi amperenya menjadi lebih kecil. Sedangkan pada Delta ampere lebih besar tetapi voltnya rendah (putaran rotor juga agak lebih berat dibandingkan Star). Sayangnya saya tidak mempunyai amperemeter sehingga tidak terukur amperenya. Ketika menggunakan multimeter (hanya sampai 200mA) ternyata masih tidak terbaca karena ampere generator masih lebih tinggi. Tetapi walaupun ada perbedaan Volt dan Ampere dari keduanya, Wattnya (seharusnya) tetap sama (Power=Watt=Volt x Ampere).

Harus juga diperhatikan bahwa semakin berat bebannya semakin kecil voltasenya, sehingga mau tak mau putarannya harus lebih kencang lagi.

.

1/02/10

3 phasa: magnet lebih banyak daripada koilnya:

Perhatikan contoh diatas. Baik magnet maupun koil tetap saja dibagi menurut posisinya masing-masing. Bahwa lingkaran selalu 360°.

Pada gambar pertama magnetnya ada 12 buah, maka tiap2 magnet pada posisi 360/12= 30°. Demikian pula posisi koil (6bh) pada 360/6= 60°.

Pada gambar kedua magnetnya ada 16 buah, maka tiap2 magnet pada posisi 360/16= 22.5°. Sedangkan koil pada 360/6= 60°.

Sesuai dengan rumusnya M/2X3, artinya magnet selalu berjumlah genap (ingat pada setiap magnet ada 2 kutub), sedangkan koil selalu kelipatan 3 (karena 3 phasa. Misal 3-6-9-12-15-18-21, dst). Intinya adalah bahwa diantara 2 magnet terdapat 3 koil.

Penggabungan rotor dan stator tetap saja pada asnya. Jadi jangan terlalu mempermasalahkan koil sekian harus tepat ditengah magnet, atau diantara magnet sekian. Selama pembagiannya sesuai maka tidak ada masalah berapapun magnet yang dipakai lebih banyak daripada koilnya. Tokh rotor selalu berputar. Yang harus diperhatikan adalah penggabungan koilnya. Itu saja. Bagaimana penggabungannya? Ya bacalah kembali dari awal.

.

13/02/10

Pada gambar diatas koil2 berada tepat dihadapan magnet2.  Karena itu hanya bisa sebagai 1 phasa. Contoh diatas adalah 16 magnet dg 9 koil. Bisa saja koilnya ditambah atau dikurangi, atau magnetnya ditambah lebih banyak lagi, tidak menjadi soal. Yang penting adalah bahwa titik tengah koil2nya harus selalu berada tepat dihadapan magnet. Hasilnya (V dan A) juga tidak jauh berbeda dg yang lain; tentu saja kalau koilnya lebih banyak maka Vnya juga lebih besar. Semakin besar diameter kawatnya maka Ampernya juga semakin besar.

Penggabungannya: 1B-2A, 2B-3A, 3B-4A, 4B-5A, 6B-7A, 7B-8A, 8B-9A (searah jarum jam). Maka kawat 1A dan 9B adalah outputnya.

Ketiga gambar diatas adalah contoh generator yang rotornya berada ditengah koil2. Artinya rotor dikelilingi oleh koil2. Boleh saja rotor saling berhadapan dg statornya, tidak menjadi masalah. Yang penting adalah magnet2 senantiasa melintasi/memotong koil secara bergantian kutub2nya.

Mudah-mudahan tambahan keterangan diatas semakin dapat dipahami.

.

Manfaatkanlah sterling engine atau hidrogen sebagai penggerak turbin.  Jika sudah mengetahui komposisi yang pas maka hidrogen mampu sebagai pengganti BBM untuk menggerakan combustion engine!

.

Bila kesulitan mencari bahan-bahan pdf atau linknya sudah tidak ada, silakan unduh disini. Termasuk dokumentasi berbentuk video (3gp). Semoga dapat bermanfaat.

76 Comments »

  1. Ide yang bagus Pak,mohon petunjuknya bagaimana saya dapat menghubungi bapak dan kalau diijinkan saya juga minta alamatnya

    @
    lihat About.

    Comment by Paulus susanto — 28/10/2014 @ 23:36

  2. Pak Toni, sy buta mengenai teknik perlistrikan…..boleh sy belajar dgn pak Toni? trims.

    Comment by Antonie — 13/05/2014 @ 12:42

  3. pak.. bisa nggak dimano genset di rombak outputnya jadi 12volt 10ampere seperti listrik pada sepeda motor. kira2 ribet g ya.. klu memakai kicir air berapa rpm nya

    Comment by ijol bortrem — 17/04/2014 @ 09:27

  4. maf bos mau tanya nih,dinamo jenis apa buat pengisian acu 12 volt,yg nantinya putarannya saya ikutkan sama hembusan angin…,mohon penjelasannya,makasih bnyak…o ya bos,leh minta no hp sampean ya???,ni no hp saya 082330507596

    Comment by selamet hariyanto — 02/04/2014 @ 14:01

  5. Assalamu’alaikum…
    Bermanfaat se x……
    Izin Copas y….

    Comment by Mr"Q" — 07/03/2014 @ 23:40

  6. Selamat siang, saya tertarik untuk kursus, awalnya saya mengikuti karena saya tidak di bidang ini makanya saya mengalami kesulitan untuk memulai. Bisa saya kursus dengan Bapak?
    Terima kasih.

    Tidak punya kursus. Kalau sekadar petunjuk silakan saja ke rumah.

    Comment by handoko irawan — 07/01/2014 @ 13:26

  7. pa saya mau tanya , gulungan kawat email pada rotor dynamo genset.supaya kuat waktu berputar dan tak berantakan kawat email dikasih pelapis apa ?
    & cepat kering ,bisa cepat di gunakan.
    saya pernah menggunakan pelapis kawat dgn serlak atau vebir glas kayanya kurang pas.telalu lama prosis pengeringannya & daya rekatnya kurang kuat.
    apakah ada selain serlak atau vebir glas , buat pelapis kawat email.dan apa namanya ,di toko mana yg sering menjualnya.
    mohon pencerahannya,terima kasih.

    Comment by iqbal maulidy — 17/12/2013 @ 19:06

  8. mas ,, saya punya dinamo ne,, tpi output ny masih DC kya’ dinamo tamiya karna mempunyai cincin belah ,, yang mau saya tanya bisa gk komutator / cincin belah ny di ubah menjadi cincin geser biar keluar ny arus AC ??????
    klw bisa , blaz ke email saya ya gan ,,
    sultanhsbjameskorthero@gmail.com

    Comment by sultan — 06/12/2013 @ 17:37

  9. Sangat menarik .. .. mhn tanya .. apabila sy buat kincir air dg diameter 1 meter dan menghasilkan putaran 600 rpm ..hrs menggunakan dynamo generator yg mana dan menghasilkan setrum berapa …? Trimakasih Pak….

    Comment by hery — 05/12/2013 @ 09:02

  10. Maaf Saya mau tanya ni , saya mau buat dinamo memanfaatkan bekas gulungan pada sepul motor , kalo mau mndapatkan arus 220 volt harus berapa lilit dan berapa ukran kwt email nya?
    Kira kira habis berapa kg kwt nya?
    Mohon jawabanya ?

    Comment by Duwy prasetyo — 26/11/2013 @ 18:58

  11. pak ,
    saya mau tanya lim yg digunakan buat stator,yg bagus & cepat kering.
    mohon pencerahannya,makasih pa.

    Comment by iqbaltog — 20/11/2013 @ 19:22

  12. mantaap! trima kasih bnyk atas ilmunya :-)

    Comment by heri nasution — 15/11/2013 @ 10:04

  13. Mas tony yang diatas itu kutub magnetnya ada diujung kiri kanan atau depan belakang.

    @
    Depan blkg.

    Comment by ade — 22/10/2013 @ 18:21

  14. Gan tnya nih,dinamo ampere utk pengisian aki mobil 12 volt apa bisa terpenuhi klu dinamo amperenya di gerakan oleh angin/air?apa hrs pake gearbox jg?tx

    @
    Terlalu berat, wlwpn dg gear, bl dg angin; kcwl kincirnya besar. Dg tenaga air bs asal deras.

    Comment by Kusnata — 21/10/2013 @ 14:29

  15. pak pada kincir angin tipe vertikal (vawt) di re energi kok magnet yg berhadapan dengan koil itu kok ktubnya sma N N N N smua tetapi gulungannya searah, tetapi kincir anda ktubnya tdk sma N S N S tetapi gulungannya tidak searah/bolak balik, pertanyaan : apakah harus begitu ?

    Comment by ade — 09/10/2013 @ 18:44

  16. om ada yang lai yang lebih mudah karena ane anak anak jadi gak sanggup baca

    @
    Lihat halaman generator paling sederhana.
    Bgmn bisa tahu ttg sesuatu jika tdk mau membaca? Bgmn bisa naik kelas jika tdk mengikuti ujian tertulis? Atau mgkn utk anda ckp dg ujian lisan, lgsg luluskah?

    Comment by SAID MUHAMMAD ARIEF — 28/08/2013 @ 14:08

  17. makasih bos !!!
    Share terus ilmunya !!!! thank’s

    Comment by bakrun gabul — 17/08/2013 @ 14:18

  18. tQ gan ilmuna. moga bemanfaat dunia akherat.

    Comment by adilla nawangsasi — 17/08/2013 @ 14:14

  19. perhitungan ampere nya bagaimana dari generator PMG tersebut? apakah ampere itu disesuaikan oleh ketebalan kawat email nya? semakin tebal kawat email yang digunakan semakin besar ampere yang dihasilkan, betul tidak?

    @
    Betul. Krn smkn tebal akibatny banyak gulungan semakin sedikit; volt smkn rendah.

    Comment by fvndi265 — 15/08/2013 @ 09:41

  20. mas, maaf apa ada alternatif lain menggunakan tenaga surya misalnya.
    pada dasarnya yang sering membutuhkan untuk daerah-tertinggal IDT atau pelosok.
    untuk rekan juga mohon di share kisaran biaya dan kapasitas yang di hasilkan…tanks

    @
    Surya, angin, air, uap, adlh sumber energi. Sesuaikn dg kondisi stmpt. Yg pntg adlh hemat biaya. Tknlg surya msh mhl, butuh bbrp hari u mengisi batt/accu agr penuh.

    Comment by bambang — 22/07/2013 @ 22:22

  21. pertanyaan , komentar , dan saranya bagus. simple tanks mudah di pahami tanks

    Comment by bambang — 22/07/2013 @ 22:07

  22. Yth pak tony.sya lg bikin pembangkit listrik pakai sepeda motor yg sya ambil jalur ke lampu depan saya sambung ke travo 3amper dan bsa buat ngidupin lampu pilips.yg jadi pertanyaan
    berapa amper travo agar Bisa buat ngidupin tv warna 21inchi.trims
    085654868993

    @
    Hrs diperhatikan frequensi (hertz) disamping volt. Standar kita 50hz (=50putaran/detik). Apakah tdk boros motor dipakai kontinu?
    Menurut sy lbh praktis pakai converter dc to ac. Pilih wattny sesuai kebutuhan; disamping praktis jg stabil. Lgsg ambl dr accu.

    Comment by Yanto — 20/07/2013 @ 14:33

  23. kalau beli yg sdh jadi harganya brp??

    Comment by Kemal Rizky — 10/06/2013 @ 12:13

  24. Good website mas,,

    Oh ya mas, ada yang mau saya tanyakan, ini kan saya modif gulungan pada genset 1kw yg keluarannya 220Vac menjadi 100Vac ,,
    nah disini saya ada permasalahan ternyara avr bawaan nya gak support dengan gulungan modifan, kira2 tuk membuat avr dibutuhkan apa saja ya? saya masih minim info gan …Apakah RPM sebuah generator berpengaruh terhadap tegangan ? klw saya mencoba membuat avr dengan mengakali RPMnya agar outputnya stabil, kira2 bisa tidak Pak Tony?

    Maaf, belum tahu.

    Comment by Giri — 28/05/2013 @ 19:29

  25. maaf omsaya mau belajar bikin generator saya mau tanya ni koil ber “counter”. di atas maksudnya gmana ia…

    Petunjuk penghitungan putaran.

    Comment by Ilham Thea — 29/04/2013 @ 20:11

  26. pak Tony saya mau tanya apakah dinamo bekas kipas angin bisa diubah jd dinamo penghasil listrik AC? thx

    Apa bisa rotornya di charge dulu agar menjadi magnetik?

    Comment by deni — 29/04/2013 @ 13:36

  27. tlg kasih tau cara menggulung angker(gerenda)

    Comment by pholor — 11/04/2013 @ 18:11

  28. pak.tlg kirimin tutorial videonyalah.trimakasih

    Maaf waktu itu tidak terpikirkan membuat videonya.

    Comment by ahad — 08/04/2013 @ 02:40

  29. apakah dinamo bisa d jadikan generator, bagaimana caranya? terima kasih

    Comment by yustaman — 05/04/2013 @ 22:17

  30. pak… bagaimana cara gulung ulang generator genset merk megume

    Comment by elant — 03/04/2013 @ 20:42

  31. pak tony, saya ingin membuat generator listrik dg magnet 4buah dan coil 8buah. Agar keluaran listriknya ac, urutan sambungan coilnya bagaimana pak?

    Semua output PMG adalah AC. Ikuti saja apa yg sudah saya tulis.

    Comment by ari — 22/02/2013 @ 19:34

  32. pak apakah jumlah lilitan dalam pembuatan generator sangat penting dalam menhasilkan listrik yang besar dan selain lilitan apa saja yang mempengaruhinya ..? permisalan dalam penhasilan listrik yang bertegangan 200 volt brapa jumlah lilitan yg dibutuhkan

    Comment by Miroza Falla — 12/02/2013 @ 18:02

  33. pak,klo untuk mengubah arus dari generator magnet caranya gmn?
    bila stelah arus kluar dri gnerator dmsukkn ke diode zener atau lwat regulator trlbih dahulu gmn?
    trus untuk proses penyimpanan arusnya kalau menggunakan stabilizer?
    hsilnya gmn ya pak…?

    Baca generator sederhana.

    Comment by safril sidik — 29/01/2013 @ 16:12

  34. asalamualaikum pak mimin masih di buka ga ne huumznya.. klo masih saya mau nanya jika genset mati /trip ketika mau di star dan ada tulisan power reverse .. apa yang harus saya lakukan agar genset kembali normal..

    ??

    Comment by ╭∩╮(︶.︶メ)╭∩╮ (@steplesidiot) — 28/01/2013 @ 19:39

  35. OM tony, ada skema cara membuat turbin jg gak :) ?

    Pada hal Generator Listrik Sederhana, awal tulisan ada link, klik saja. Masih kurang googling saja.

    Comment by ahmad sutanto — 26/01/2013 @ 07:50

  36. bisanggak alternator mobil dijadikan dinamo sepeda listrik.gimana caranya? terima kasih

    Terlalu banyak yg hrs dirombak! Coba experimen dg fan elektriknya.

    Comment by jumono — 24/01/2013 @ 07:31

  37. nyambung masalah sepeda listrik;1.dinamo pengisian mobil apa bisa dibuat untuk ngisi accu 48 volt?
    2.apakah gulungan dinamo sepeda motor listrik bisa di rubah agar tenaga nya lebih besar.
    terimakasih sebelum nya.

    1a. Alternator mobil umumnya u/ 12V-24V. Dinamo lampu sepeda 6V.
    1b. Dinamo amper (alternator) mobil menggunakan induksi maka berakibat menurunnya rpm mesin. RPM minimal alternator agar bisa charging: 700. Bila disambung ke baterai sepeda maka alternatorlah yg menghidupkan motornya, bukan baterainya. Pertanyaannya adalah: kuatkah motor mensuplai putaran yg dibutuhkan oleh alternator?
    1c. Alternatif: menggunakan system pengisian sepedamotor, karena menggunakan magnet permanen.

    2. Bisa saja. Bawa ketukang dinamo.

    Comment by Freddy Alphons — 13/01/2013 @ 17:43

  38. mas ,saya mau tanya ,bisa apa engga jika sepeda motor listrik dibuatkan pengisian sendiri,dari dinamo pengisian mobil ?

    Comment by Freddy Alphons — 13/01/2013 @ 17:34

  39. sangat bermanfaat
    terimakasih banyak share ilmunya
    saya ingin membuat kincir air aerator sederhana untuk perikanan, memerlukan penggerak motor dc 1/4HP atau 1/2HP atau yang dayanya sekitar 300-400watt

    1. apakah motor stater punya sepedamotor/mobil layak dipakai atau tahan jika difungsikan sebagai penggerak kincir yang menyala/on dalam waktu agak lama ? mengingat motor stater desain asalnya hanya untuk keperluan nyala sesaat.
    2. kalo mencari motor2 dc bekas kira2 harganya kisaran berapa ya pak… untuk yg 1/4 atau 1/2 HP….? sekedar perkiraan saja pak… sbg bekal saya mau hunting ke pasar loak
    3. barangkali ada saran2 bapak untuk kami dalam rangka mencoba membuat kincir aerator sederhana untuk perikanan udang tradisional…… supaya agak bisa meningkat dikit kayak yg budidaya intensip

    terimakasih

    1. Memang benar tdk baik untuk memutar terus menerus.
    2. Apakah harus dg motor DC? Umumnya menggunakan motor AC. Lebih murah. Sebaiknya cek dl hrg barunya, jd nnt di loakan tggl tawar habis.
    3. Bagaimana kalau menggunakan fan mobil elektrik radiator? Designnya kan memang untuk terus menerus berputar. Torquenya jg lumayan.
    Kalau angin disana cukup kencang dan berhembus lama maka vetikal windmill lbh murah karena bs berputar dr angin arah mana saja. Sistim kerjanya mirip mixer. Irit biaya listrik karena dg tenaga angin.

    Comment by iwan — 21/12/2012 @ 00:23

  40. Pak…saya mohon infonya di mana tempat kursus gulung motor 1 dan 3 phase yg bagus di Jakarta thanks atas bantuannya

    Mohon maaf tidak tahu.

    Comment by Rusydin — 09/12/2012 @ 06:47

  41. Yth Bpk Tonytaufik

    Saya mohon dikirim data Estimasi Gulung ulang dinamo,
    Apabila 1 Kw kira-kira (kurang lebih) menghabiskan berapa kilo kawat
    atau berapa % terhadap setiap Kw nya..?
    Terima kasih atas perhatiannya.

    salam

    warsito

    Mohon maaf, pengetahuan saya belum sampai kesana. Halaman ini hanyalah artikel ttg apa yg pernah saya buat, sekadar berbagi.

    Comment by Warsito — 23/11/2012 @ 09:45

  42. pak mimin bisa ndak buat perputaran nya pakek magnet.. ken mgnet tu bisa tarik menerik and tolak menolak…. jadi bisa putar ndak trus nanti dari perputaran tuu baru di sambung ke generator nya…. all nyaa di tempat anee kurang angin anee tinggal d koss….

    Mksdnya diputar dg magnet juga? Belum prnh coba.

    Comment by aulia rahmatiilah — 23/11/2012 @ 02:18

  43. Pak,
    saya ingin membuat turbin air dengan memanfaatkan ketinggian air tandon. Kira2 memungkinkan gak? bisa dijelaskan kira2 saya harus pakai dinamo bekas apa?

    Comment by joni — 01/11/2012 @ 20:12

  44. Salam hormat, pak kalau generator sederhana buatan bapak itu hasilnya AC atau DC , Kalau AC itu bisa langsung nyalain alat2 eletrik di rumah seperti listrik PLN ?

    Yang namanya PMG (generator magnet permanen) umumnya untuk mengisi baterai/aki, dari batt/aki itu baru ke beban. Karena rpmnya rendah (200-500 rpm). Jika lgsg ac mk minimal 3000-3500rpm; itu sama dg 90-120km/jam kecepatan mobil/motor. Itu sama dg angin tornado!

    Comment by azyb — 20/10/2012 @ 22:51

  45. mas toni,ditmpt saya bkin turbin tenaga air,pakai generator dari magnet bks mtr 3 bh disatukan.kwt spulnya ukrn 05/06,sekitar 1,5kg.alhamdulilah lampu 220v dan tv bisa nyala.apalagi klu msm hujan smpi lampu aja pada putus

    Baguslah. . . .

    Comment by ade angga — 14/10/2012 @ 05:54

  46. info yang manfaat

    Comment by ulamaahmad — 20/09/2012 @ 23:07

  47. pak Tony, putaran 200-500rpm itu sbrapa kencang? Apakah skencang kipas angin?

    1 rpm= 1 putaran per menit (dari titik 0 ke titik 0 lagi), jadi hitung saja sendiri. Bandingkan dg putaran generator pln: 50 putaran per detik (alias 50Hz)! Coba hitung berapa permenitnya?
    Repot? Beli tachometer.

    Comment by eko — 08/09/2012 @ 23:47

  48. guru yang baik…

    Comment by yos — 24/08/2012 @ 03:49

  49. terima kasih banyak share ilmunya,sangat berguna bagi orang banyak.

    Comment by fajar — 08/08/2012 @ 00:10

  50. beli magnet nya dimana ya dan tolong upload video cara membuat generator dari pvc

    Comment by deden — 02/08/2012 @ 16:05

  51. thanks gan atas infonya . . .ilmunya ber manfaat juga tuh

    butuh avr genset datang saja ke avrgenset.com

    Comment by avrgenset — 31/07/2012 @ 13:51

  52. makasi artikelnya, sangat bermanfaat buat saya

    Comment by riccardo — 26/07/2012 @ 15:25

  53. lengkapp sekali makasih shringnya…

    Comment by sewa genset — 25/07/2012 @ 12:36

  54. mas klo mau bwat generator pke msin jahit bisa nggak ya??

    Comment by benny — 07/07/2012 @ 20:53

  55. thanks y ilmu nya,,,

    Comment by fahmi — 12/06/2012 @ 14:55

  56. tolonggin donggimana cara utk putaran nya menjadi bolak balik/ atau putaran nya bisa kekanan dan kekiri. utk dinamo ukuran 1/4 hp.tolong ya trims

    Pernah lihat mesin jahit genjot? Seperti itulah.

    Comment by ricky — 10/06/2012 @ 10:07

  57. terima kasih

    Comment by zakki — 09/05/2012 @ 11:10

  58. pak saya ada lokasi sungai tp airnya datar bgmn caranya saya buat gulungan biar menghasilkan arus minimal 450 volt dengan putaran rendah?

    Harus banyak gulungan, banyak koil, banyak magnet; karena output yg anda inginkan sangat besar dibandingkan umumnya yg hanya 15v (krn hanya untuk charging) dan max 36v! Dg PMG tentu tdk efisien dan jadi sangat mahal!
    Mau tak mau pakai multiplikasi putaran: generator diputar oleh pulley yg diameternya berlipat ganda dr pulley gen itu; 10-20x lipat dr pulley gen. dg dmkn satu putaran kincir menghasilkan 10-20x putrn gennya.

    Comment by dimas lelono — 27/03/2012 @ 16:00

  59. Bagaimana nih gabungin kawat email ke lampu yg di cba ape hars di amplas ye

    Kalau menurut anda bgmn?

    Comment by Kami nak srt — 26/03/2012 @ 09:20

  60. terimakasih untuk ilmu pengetahuannya di bidang teknik energi listrik…..

    Comment by heriansyah sitorus.ST — 19/03/2012 @ 20:42

  61. saya punya dinamo 3 phase 30 kw. merk daiho.
    gmana caranya agar ouput 3 phase menjadi 1 phase??
    mohon penjelasannya

    Maaf tidak tahu.

    Comment by mawardi — 12/03/2012 @ 21:15

  62. bagaimana caranya menghitung diameter kawat.

    Ada alat khusus. Kalau hanya untuk mengetahui diameternya lebih baik bawa saja ke toko penjual kawat email.

    Comment by ahmad fauzi — 11/03/2012 @ 12:59

  63. tolong infonya untuk merubah dinamo dongfeng 20 kw dengan3 phase menjadi 1 phase saja trimakasih

    Comment by cellhikmahomulyo2 — 23/01/2012 @ 14:51

  64. Sangat bermanfaat, Terimakasih

    Comment by fazri — 19/12/2011 @ 15:28

  65. Hatur nuhun pisan katampi pengetahuana mudah-mudahan janten amal soleh akang. Naros kang dimana pami meser magnet neodymium?

    Lihat halaman generator sederhana.

    Comment by Wilden — 12/12/2011 @ 22:01

  66. Bila memerlukan arus listrik yang besar, apakah putaran dinamo semakin berat?
    Komen melalui email (ardiansyah_hidayat20@yahoo.com).

    Comment by ardiansyah — 27/11/2011 @ 04:00

  67. pak kalau beli jadi berapa buat generator yang bisa menghasilkan 900 w trimakasih

    Mohon maaf, belum bisa.

    Comment by lukas — 01/10/2011 @ 23:29

  68. pak saya sedang perbaiki genset modulnya error ganti dengan yang baru harganya mahal selain mahal tidak sama dalam artian harus merobah wiring, ada ga rangkaian sederhana kalo ada tolong buatin sekemanya agar saya bisa membuatnya
    terimakasih ikin depok

    Mohon maaf, tdk punya.

    Comment by ikinsutony — 26/08/2011 @ 23:01

  69. wah keren pak blognya…ni saya yang sedang menyusun tugas akhir tentang PLT angin jadi merasan senang…artikel2 bapk sangat membantu..trimakasih pak

    Comment by Hany Sulistyono — 11/06/2011 @ 05:05

  70. dimana ya mau kursus teknik gulung dinamo buat electro motor pompa dll
    Cari BLK terdekat. Murah.

    Comment by aponk — 07/06/2011 @ 14:30

  71. Mantap men…. ayo mandiri dalam energi alternatif …WIND ENERGI

    Comment by sunar — 26/06/2009 @ 11:52

  72. BAGAIMANA CARA MENGHITUNG AMPER MOTOR LISTRIK AC 3 PHASE DENGAN DAYA 18,5 KW 380 VAC DENGAN MENGGUNAKAN RUMUS?

    Comment by YUDI — 06/05/2009 @ 16:15

  73. toLong info tentang analisis maintenance generator ini ataupun data pendukung Lainnya di infokan ke aswhar87@gmaiL.com

    Comment by pak aZwar — 28/04/2009 @ 21:25

  74. gimana mengetahui dinamo itu rusak. slm kenal, makasih banyak pak

    Comment by syarief — 11/04/2009 @ 16:06

  75. Pak,
    saya sedang mencari alat untuk menggulung ulang motor kipas angin di pabrik elektronik tempat saya kerja dan teknik penggulungan ulang motor tsb.karena disini lumayan ada banyak yang putus ditengah.
    kiranya bapak bisa membantu saya untuk info alat dan teknik penggulungan tsb.
    terima kasih.

    salam,
    Trisno-semarang

    @ Trisno,
    coba anda cari di toko2 alat teknik (mesin bor, mesin bubut, dsb) di kota anda. Kalau di Jkt mungkin tersedia di Glodok/Harco/Ps Lindeteves/Hayam Wuruk.
    Salam.

    Comment by Trisno — 06/04/2009 @ 10:54

  76. tolong donk info tentang teknik2 menggulung dinamo i dan 3 phasa

    @ darmin,
    coba cari di:
    http://www.otherpower.com atau http://www.windstuffnow.com
    Salam.

    Comment by darmin — 27/03/2009 @ 19:59


RSS feed for comments on this post.

Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Shocking Blue Green Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 64 other followers

%d bloggers like this: